Senin 26 Aug 2024 16:40 WIB

Usai Umroh, Makkah Tawarkan Banyak Destinasi Wisata Menarik

Setidaknya ada enam lokasi wisata menarik di Makkah yang bisa dijelajahi.

Red: Erik Purnama Putra
Sudah menjadi tradisi banyak jamaah Indonesia, usai menunaikan ibadah umroh, bakal melanjutkan perjalanan keliling wilayah sekitar Makkah, Arab Saudi.
Foto: Republika.co.id
Sudah menjadi tradisi banyak jamaah Indonesia, usai menunaikan ibadah umroh, bakal melanjutkan perjalanan keliling wilayah sekitar Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sudah menjadi tradisi banyak jamaah Indonesia, usai menunaikan ibadah umroh, bakal melanjutkan perjalanan keliling wilayah sekitar Makkah, Arab Saudi. Sebagai salah satu kota dengan jumlah kunjungan tertinggi di dunia, Makkah menawarkan pengalaman untuk menjelajahi kota suci lebih dari sekadar beribadah. 

Selain Masjidil Haram yang megah, Makkah menawarkan banyak pilihan yang dapat dikunjungi wisatawan. Bagi para jamaah umroh Indonesia yang ingin menggali lebih dalam keajaiban Makkah, sejumlah destinasi menawarkan kesempatan unik untuk dapat merasakan kekayaan warisan budaya dan spiritual.

"Sepanjang Anda melakukan perjalanan ibadah melewati warisan sejarah Makkah, tim Jumeirah Jabal Omar Makkah siap menemani setiap langkah Anda," ujar General Manager Jumeirah Jabal Omar Makkah, Rizwan Sheikh, Senin (26/8/2024).

Di antara lokasi yang bisa dikunjungi adalah Jabal Al-Nour, yang dikenal sebagai Gunung Cahaya. Jabal Al-Nour adalah tempat saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama. Tempat ini menawarkan ketenangan dan dapat menjadi destinasi awal sebelum Anda memulai hari.

Terletak sekitar 4,8 kilometer dari Makkah, perjalanan mendaki ke puncak Jabal Al-Nour cukup menantang tetapi dapat menjadi momen berharga. "Kami akan membantu mulai dari menjawab kebutuhan informasi terkait tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi hingga kebutuhan untuk mengatur kunjungan Anda ke sana," ucap Rizwan.

Kemudian, peziarah bisa juga mengeksplorasi sejarah Makkah yang kaya di Museum Makkah. Berlokasi di dekat Masjidil Haram, museum ini menampilkan pameran-pameran yang memukau mulai dari beragam koleksi artefak hingga pameran interaktif yang menceritakan sejarah kota Makkah yang melintasi waktu.

Berikutnya, peziarah juga bisa merasakan pengalaman tak terlupakan dalam menjahit di Pabrik Kiswa Ka'bah. Pabrik yang berada di Kompleks Raja Abdulaziz merupakan salah satu fasilitas untuk merajut dan menyulam terbaik di Makkah. 

Setelah itu, perjalanan bisa berlanjut ke Pemakaman Al-Muallaa. Dianggap sebagai situs bersejarah yang penting dalam sejarah Islam, tempat ini adalah lokasi peristirahatan bagi beberapa tokoh Islam terkenal, termasuk kerabat Nabi Muhammad.

Tidak ketinggalan, pengunjung bisa belanja dan mencoba beragam kuliner di Abraj Al Bait Towers. Kompleks ikonik ini memiliki Museum Menara Jam, yang menawarkan pemandangan panorama kota yang menakjubkan. Menara-menara tersebut juga menjadi rumah bagi pusat perbelanjaan mewah, dilengkapi beragam pilihan tempat makan internasional.

Terakhir, merasakan kemewahan dengan menginap di Jumeirah Jabal Omar Makkah. Sebagai hotel bintang lima, berlokasi di daerah Jabal Omar, hotel dapat dengan mudah dijangkau dengan berjalan kaki. "Sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi jamaah umrah," kata Rizwan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement