Rabu 28 Aug 2024 14:36 WIB

Gempa Megathrust Ancam Indonesia, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana

Memiliki tas siaga bencana sangat penting, karena dalam situasi darurat seringkali waktu menjadi faktor yang krusial.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Karta Raharja Ucu
Gempa Megathrust Ancam Indonesia, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana
Gempa Megathrust Ancam Indonesia, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana

KURUSETRA, Salam Sedulur --  Gempa megatrush yang sedang menjadi pembicaraan masyarakat setidaknya menimbulkan kecemasan. Apalagi BMKG menyebut gempa besar tersebut tinggal menunggu waktu di Indonesia. Sebagai langkah antisipasi, Sedulur bisa mempersiapkan diri dengan mempersiapkan tas siaga bencana. Apa itu?

Tas siaga bencana atau Emergency Preparedness Kit adalah tas yang berisi barang-barang kebutuhan rumah tangga penting, yang telah dipersiapkan untuk keadaan darurat sekaligus menjadi antisipasi ketika bencana terjadi. Sedulur cukup mempersiapkan tas yang berisi barang-barang penting dan membawanya jika terjadi bencana.

Tas siaga bencana harus terbuat dari bahan anti air dan cukup kuat menahan beban yang akan dibawa. Memiliki tas siaga bencana sangat penting, karena dalam situasi darurat seringkali waktu menjadi faktor yang krusial. Ketika bencana melanda, terkadang kita harus segera mengungsi atau kehilangan akses ke pasokan dan fasilitas penting. Dalam keadaan seperti ini, tas siaga bencana dapat membantu kita.

Seperti dinukil dari djkn.kemenkeu.go.id, berikut alasan mengapa memiliki tas siaga bencana sangat penting: