Kamis 29 Aug 2024 09:30 WIB

Foto Sepekan Pascabentrok di Gedung DPRD Jabar

Foto-foto sepekan setelah unjukrasa Kawal Putusan MK diambil di tempat yang sama dengan sudut pengambilan dan panjang lensa semirip mungkin dengan saat aksi berlangsung.

Rep: Yogi Ardhi/ Red: Partner
.
Foto: network /Yogi Ardhi
.

Pengunjukrasa membentangkan bendera merah putih saat berunjukrasa menolak revisi UU Pilkada di Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung Kamis (22/8/2024). Foto bawah menunjukkan dua perkerja tengah membersihkan area gerbang Gedung DPRD dari sisa aksi massa, Rabu (28/8/2024). (Foto: Yogi Ardhi /Republika Network) (Kamera : Huawei P30 Pro)

BANDUNG -- Aksi penolakan revisi UU Pilkada sepekan lalu menjadi penanda kekuatan people power di Tanah Air. Untuk di Jawa Barat pusat aksi penolakan dilakukan di Gedung DPRD Jawa Barat. Aksi saat itu berlangsung hingga malam dan berakhir dengan bentrok antara pendemo dan aparat.

Banyak kisah tercecer saat itu. Mulai dari wartawan dipukuli karena disangka intel, petugas parkir cafe jadi bulan-bulanan petugas karena disangka pendemo, hingga pot-pot bunga yang terhumbalang ke tengah jalan.

Salah satu fasilitas bangunan yang menjadi sasaran kemarahan pengunjukrasa adalah adalah pintu gerbang Gedung DPRD Jawa Barat. Pintu dan tembok pagar bagian depan gedung menjadi pelampiasan kemarahan demonstran.

Coretan grafiti, tempelan poster hingga water barrier yang dibakar menghiasi bangunan ini. Tepat sepekan setelah kejadian itu, kami memotret kembali lokasi tersebut dan disandingkan dengan foto saat kejadian sepekan sebelumnya.