Selasa 03 Sep 2024 06:17 WIB

HMTI UGM Kembali Gelar Lomba Desain Produk Tingkat Asia CHRONICS

CHRONICS berhasil menarik partisipasi lomba hingga 70 lebih submission.

Red: Fernan Rahadi
Ajang adu karya tingkat Asia, CHRONICS kembali hadir di tahun 2024. CHRONICS atau Challenge on Product Design and Ergonomics merupakan lomba product design tingkat Asia yang diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UGM.
Foto: dokpri
Ajang adu karya tingkat Asia, CHRONICS kembali hadir di tahun 2024. CHRONICS atau Challenge on Product Design and Ergonomics merupakan lomba product design tingkat Asia yang diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ajang adu karya tingkat Asia, CHRONICS kembali hadir di tahun 2024. CHRONICS atau Challenge on Product Design and Ergonomics merupakan lomba product design tingkat Asia yang diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UGM.

Seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, tahun ini, CHRONICS muncul dengan tema “Empowering Self-Reliant Living for The Elderly Through Motor-Assistive Products”. Pengangkatan tema ini didasari dari meningkatnya angka populasi orang lansia di Asia Tenggara. Pada tahun 2015, orang lansia berusia 65 tahun dan diatasnya naik hingga 55 persen dari seluruh populasi orang lansia di dunia.

Tidak dipungkiri, peningkatan angka ini membawa banyak tantangan pada orang-orang disekitar lansia maupun lansia itu sendiri. Acapkali lansia sering kesulitan untuk melakukan aktivitas mereka sehari-hari maupun mobilitas mereka di waktu luangnya karena pergerakan motoriknya yang tidak sama seperti dahulu. Banyak inovasi dibutuhkan dari generasi muda untuk memastikan lansia tetap bisa melakukan rutinitas hariannya secara mandiri, dan tidak selalu bergantung kepada orang lain.

CHRONICS berhasil menarik partisipasi lomba hingga 70 lebih submission yang berasal dari berbagai negara dari Asia mulai dari Indonesia, Filipina, hingga Singapura. Setelah melalui beberapa tahap seleksi CHRONICS menyisakan 10 tim untuk Final Stage yaitu Bismillah Aja Dulu, Spark, Invation, Insyaallah Win, Starlight, DID-Neeport, CHS Team, IDYAH, ClueSQUAD, dan The Resolvers. CHRONICS akan mulai menyelenggarakan serangkaian Final Stage pada tanggal 5-8 September.

Pada tanggal 5 September menjadi waktu kedatangan para tim di De Laxston Hotel Yogyakarta. Para tim disambut oleh sesi Gala Dinner yang juga disuguhkan penampilan tari tradisional, band music, karawitan serta blind testing kue tradisional. Sedangkan pada 6 September menjadi sesi tim melakukan presentasi produk mereka. Hasil produk setiap tim juga akan ditampilkan di Expo pada Minggu, 8 September 2024 di Sleman City Hall.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement