Rabu 04 Sep 2024 17:15 WIB

Pendidikan di Era Digital, Universitas BSI Pontianak Gaungkan Transformasi dengan AI

AI menawarkan cara baru yang lebih efektif dan efisien dalam proses belajar.

Red: Gita Amanda
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan pendidikan di era digital melalui penyelenggaraan Seminar Kemerdekaan Digital dengan tema “Artificial Intelligence for Education: Transformasi Pendidikan di Era Digital”.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan pendidikan di era digital melalui penyelenggaraan Seminar Kemerdekaan Digital dengan tema “Artificial Intelligence for Education: Transformasi Pendidikan di Era Digital”.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan pendidikan di era digital melalui penyelenggaraan Seminar Kemerdekaan Digital dengan tema “Artificial Intelligence for Education: Transformasi Pendidikan di Era Digital”. Acara yang digelar di Harris Hotel, Pontianak, pada Kamis (29/8/2024), berhasil menarik perhatian banyak kalangan, terutama para guru, tenaga pendidik, dan siswa/i di Kalimantan Barat (Kalbar).

Didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), seminar ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mendiskusikan potensi kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca Juga

Syarif Faisal Indahmawan Alkadri, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, membuka acara dengan menekankan pentingnya adaptasi teknologi dalam dunia pendidikan. “Di era digital ini, pemanfaatan teknologi seperti AI bukan lagi pilihan, melainkan keharusan. AI menawarkan cara baru yang lebih efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar,” ujarnya.

Acara ini juga menghadirkan Ibnu Alfarobi, Chief Business Officer (CBO) Mandiri Digital Universe (MDU), yang memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana AI dapat mengubah wajah pendidikan. “AI memiliki kemampuan untuk mempersonalisasi pembelajaran, membuatnya lebih sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Selain itu, teknologi ini juga dapat membantu mengurangi beban administratif bagi tenaga pendidik, memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada pengajaran,” jelas Ibnu dalam sesi presentasinya.

Ir Eri Bayu Pratama, Kepala Kampus Universitas BSI Kampus Pontianak, turut mengungkapkan rasa bangganya atas antusiasme dan partisipasi yang luar biasa dari para peserta seminar. “Kami bangga bisa menjadi bagian dari upaya transformasi pendidikan di Kalimantan Barat. Antusiasme para peserta menunjukkan bahwa kita semua siap untuk beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan teknologi demi kemajuan pendidikan,” ujar Eri.

Seminar ini tidak hanya sekadar diskusi, tetapi juga menjadi wadah bagi para pendidik untuk berbagi pengalaman dan pemahaman tentang penerapan AI dalam dunia pendidikan. Melalui seminar ini, Universitas BSI Kampus Pontianak dapat terus berperan aktif dalam mendorong inovasi dan transformasi pendidikan di Kalimantan Barat, seiring dengan perkembangan teknologi digital.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement