Sabtu 07 Sep 2024 07:37 WIB

Pernah Kecanduan Narkoba dan Jadi Tunawisma, Lihat Nasib Pria Inggris Ini Usai Jadi Mualaf

Ia mengatakan, Muslim lainnya telah menerima masa lalunya.

Red: A.Syalaby Ichsan
Joshua Munss
Foto: Linkedin
Joshua Munss

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pria masuk Islam setelah sempat menjadi pecandu alkohol dan obat-obatan. Joshua Munns, warga asal Derby, Inggris, tersebut, mengaku sebelum menjadi Muslim kerap keluar masuk penjara. Dia pun mengalami banyak masalah akibat kecanduan narkoba. 

Munns pun menjalani puasa pertamanya pada Ramadhan tahun lalu. Kala itu, dia sangat menantikan untuk melakukan detoksifikasi dan menjernihkan pikirannya selama berpuasa. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadan tidak makan dan minum dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Baca Juga

Munns, yang menjadi mualaf pada 2023, mengatakan, “Banyak orang bertanya apakah saya sudah mempersiapkan diri. Kenyataannya, Anda tidak akan tahu sampai Anda melakukannya. Banyak orang mengatakan bahwa awal-awal adalah yang tersulit, namun tubuh Anda akan beradaptasi dengan sendirinya,"ujar dia seperti dilaporkan BBC.

“Bahkan ketika Anda berdoa, itu lebih merupakan sebuah fokus dan Anda memiliki waktu hening. Itulah yang paling saya nantikan - pikiran Anda menjadi jernih. Seseorang menjelaskan kepada saya bahwa ini adalah detoksifikasi bagi tubuh Anda.”

Munns tinggal di London sebelum ia menjadi seorang Muslim.

“Saya berada dalam kehidupan yang buruk karena kecanduan - narkoba, alkohol - saya diberi kesempatan untuk pindah ke Derby untuk mengubah hidup saya dengan sebuah perusahaan bernama New Hope, yang memberikan dukungan akomodasi,” katanya.

“Ketika saya duduk di kamar saya, saya berpikir - apa tujuan saya? Untuk apa saya ada di bumi ini? Apa yang saya yakini? Saya memang memiliki keyakinan - saya tahu ada Tuhan, tetapi saya tidak tahu siapa Tuhan dan apa itu Tuhan sampai saya datang ke sebuah masjid di Normanton.”

Ia mengatakan, Muslim lainnya telah menerima masa lalunya, dan berbicara kepadanya tentang taubat. Munns, yang dibesarkan dalam keluarga Kristen, berkata: “Banyak hal yang telah berubah bagi saya - hubungan saya dengan keluarga saya. Mereka telah cukup menerima,"ujar dia.

“Yang benar-benar dipikirkan oleh ibu saya adalah mendapatkan putranya kembali bersih, sadar, dia hanya ingin putranya kembali,"kata dia.

Dia pun mengikuti program untuk membantu mengendalikan kecanduannya. Dia merasakan perubahan yang telah dia lakukan bermakna jika dia berada di tempat yang lebih baik. Kini, Joshua Munss juga menjadi influencer yang kerap berbagi tentang sembuh dari narkoba dengan acara podcast bertema Recovery Talk yang bisa diakses di amazon music dan spotify.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement