Senin 09 Sep 2024 11:42 WIB

Terungkap Data Jumlah Kelas Menengah RI Terus Turun dan Saran Ekonom untuk Pemerintah

Jumlah kelas menengah di RI terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Red: Andri Saubani
Pekerja melintasi pelican crossing di kawasan Sudirman, Jakarta. Menurut data BPS, jumlah kelas menengah RI dalam tren penurunan beberapa tahun terakhir.
Foto:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini menyatakan bahwa penurunan jumlah populasi kelas ekonomi menengah di Indonesia yang terjadi dalam rentang waktu 2019 hingga 2024 juga melanda banyak negara di seluruh dunia. "Itu problem yang terjadi hampir di semua negara, karena ekonomi global turun semuanya," kata Presiden Jokowi.

Jokowi menyatakan bahwa fenomena tersebut adalah tantangan di banyak negara yang dipengaruhi oleh penurunan ekonomi global dan dampak pandemi Covid-19 yang berlangsung selama 2-3 tahun terakhir. Ia menambahkan bahwa krisis tersebut telah menciptakan berbagai kesulitan ekonomi di banyak negara.

"Semua negara saat ini berada pada kesulitan yang sama," katanya.

Sementara, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan pihaknya terus berusaha mencari data mengenai masyarakat kelas menengah yang rentan mengalami turun kelas, sehingga dapat segera menyalurkan bantuan guna menjaga daya beli mereka.