REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hamzah Ali Abdullah, mahasiswa Program Studi (prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM), berhasil lolos dalam program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 7 di PT LPIA Vokasi Nusantara. Dengan latar belakang pengalaman kerja dua tahun di bidang Digital Marketing, Hamzah kini mengisi posisi sebagai Digital Marketing Intern di perusahaan tersebut. Kesuksesan ini menegaskan branding Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis, yang secara konsisten mencetak mahasiswa siap kerja dengan kompetensi digital yang relevan dengan industri saat ini.
Hamzah, yang memiliki pengalaman Digital Marketer di beberapa perusahaan di derah depok dan Jakarta Selatan, memiliki impian untuk menjadi seorang Digital Marketing Specialist di perusahaan besar atau startup teknologi. Dengan hobinya bermain game, Hamzah menunjukkan bahwa ketertarikannya terhadap teknologi digital sangat erat kaitannya dengan karier yang sedang ia bangun. Motivasi yang ia pegang teguh adalah, "Teruslah bergerak dan jangan takut salah, lebih baik salah dari pada tidak melakukan apa-apa. Karena di setiap pergerakan ada keberkahan."
Dalam program MSIB ini, Hamzah mulai menjalani magang di PT LPIA Vokasi Nusantara, sebuah perusahaan nasional yang bergerak di bidang pendidikan, sejak 6 September 2024. Di tempat ini, Hamzah bertanggung jawab atas strategi Digital Marketing, termasuk mengelola akun media sosial @lpia_nabirraangkasa, merapikan sosial media dengan memanfaatkan micro site dari S.id, serta menganalisis performa media sosial.
Selain itu, Hamzah juga berperan dalam Brand Development dan optimasi website LPIA melalui Google Search Console dan Yoast SEO.
Melalui peran tersebut, ia berhasil menerapkan berbagai konsep yang ia pelajari di Universitas Nusa Mandiri, seperti pengembangan merek, strategi pemasaran, dan perencanaan anggaran periklanan.
Hamzah mengungkapkan, banyak sekali mata kuliah di program studi Bisnis Digital yang bisa diaplikasikan di dunia kerja, khususnya di bidang Digital Marketing. Mata kuliah seperti Brand Development, menentukan target pasar yang relevan, serta strategi periklanan, sangat membantu saya selama magang.
“Kesempatan magang di PT LPIA Vokasi Nusantara datang melalui undangan wawancara dari mitra Kemendikbud,” kata Hamzah.
Setelah melalui proses seleksi pada 20 Agustus 2024, Hamzah dinyatakan lolos dan resmi diterima pada 23 Agustus 2024. Tak lupa Hamzah berbagi tips sederhana, jika memiliki basic di prodi Bisnis Digital. Memiliki sertifikasi profesi juga bisa menjadi nilai tambah, karena ilmu tersebut langsung diaplikasikan di dunia kerja.
“Bertugas sebagai Digital Marketer, saya juga aktif sebagai Tribe di MSIB 7 di LPIA Vokasi Nusantara, yang bertugas menyampaikan aspirasi peserta magang kepada mitra MSIB dan memfasilitasi diskusi dengan PIC Mitra MSIB,” terangnya.
Sementara itu, Muhammad Faisal selaku kepala Nusa Mandiri Career Center (NCC) mengatakan bahwa keberhasilan Hamzah di MSIB 7 adalah salah satu bukti dari keunggulan Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis.
“Kampus ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoretis, tetapi juga keterampilan praktis yang sangat diperlukan di dunia digital yang berkembang pesat. Dengan program studi yang relevan dan mendukung perkembangan industri digital, Universitas Nusa Mandiri terus mempersiapkan mahasiswanya menjadi talenta siap kerja yang dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional,” jelas Faisal.
Magang Hamzah di PT LPIA Vokasi Nusantara ini tidak hanya memperkuat kompetensinya di bidang digital marketing, tetapi juga menjadi langkah penting dalam mengembangkan kariernya menuju dunia bisnis digital yang lebih luas.