RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus melakukan pengembangan dan evaluasi layanan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Salah satunya melalui aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Layanan TIK (Simpatik).
Terdapat beberapa manfaat dari Aplikasi Simpatik bagi Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Seperti meningkatkan layanan TIK pada PD, memudahkan dokumentasi layanan TIK dan mempermudah proses layanan TIK.
"Manfaat selanjutnya yaitu, otomatisasi layanan TIK, akomodasi manajemen kapasitas perangkat. Kemudian bertambahnya layanan strategis yang dibutuhkan untuk pelayanan TIK," jelas Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Denhas Ary Wibowo saat Sosialisasi Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Layanan TIK melalui Integrasi Aplikasi Simpatik di Savero Hotel, Kota Depok, Senin (02/12/2024).
Menurut Denhas, aplikasi Simpatik juga memiliki manfaat sebagai web sumber informasi penghimpunan layanan TIK pada PD. Serta percepatan penerapan e-government di lingkup Pemkot Depok.
"Dengan aplikasi Simpatik, maka bisa terpantau interaksi komunikasi untuk semua PD. Kemudian, memberikan kemudahan dalam kolaborasi, akomodasi dan integrasi atas semua informasi," terangnya.
Lanjut Denhas, aplikasi Simpatik memberikan layanan ke perangkat daerah (PD).
"Kami memang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat. Namun kami memberi layanan ke PD yang menggunakan aplikasi. Jika tidak terlayani dengan baik, maka bisa berpengaruh ke masyarakat," ungkapnya. (***)