REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan layanan perbankan yang lebih modern dan efisien. Salah satu langkah penting dalam transformasi digital BRI adalah peluncuran Sabrina, chatbot berbasis kecerdasan buatan yang telah menjadi tonggak penting dalam memodernisasi cara BRI melayani nasabah.
Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan, Sabrina telah mempermudah interaksi nasabah dengan layanan BRI. “Sabrina menjadi salah satu tonggak penting dalam transformasi digital BRI, menghadirkan kemudahan akses layanan perbankan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja,” kata Andrijanto dikutip Sabtu (28/12/2024).
Melalui WhatsApp di nomor 0812 1214 017, Sabrina memungkinkan nasabah untuk mengakses berbagai informasi dan melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan mudah. Selain memberikan informasi produk dan promo BRI, Sabrina juga memiliki berbagai fitur unggulan, seperti pengecekan saldo, mutasi rekening, pembuatan pengaduan, penonaktifan Kartu Debit, serta informasi lokasi ATM dan cabang terdekat.
Dengan hadirnya Sabrina, BRI tidak hanya memperkenalkan sebuah chatbot, tetapi juga menghadirkan solusi digital yang semakin dekat dengan kebutuhan nasabah di era modern ini. Sabrina memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan layanan yang lebih cepat, personal, dan responsif. Hal ini menggarisbawahi komitmen BRI dalam memimpin transformasi digital di sektor perbankan Indonesia.
Andrijanto menambahkan, BRI akan terus berupaya untuk menyempurnakan Sabrina agar dapat menjadi mitra percakapan yang lebih efektif dan memberikan solusi perbankan yang lebih tepat guna memenuhi kebutuhan nasabah. "Kami ingin Sabrina menjadi lebih dari sekadar chatbot, tetapi mitra percakapan yang memahami kebutuhan nasabah secara mendalam," ujarnya.
Terkini, Chatbot Sabrina meraih penghargaan dalam Anugerah Inovasi Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh IDX Channel. Chatbot BRI, Sabrina, mendapatkan Anugerah Khusus Produk dan Model Bisnis Inovasi atas Layanan Virtual dan Anti-Fraud berkat pengembangan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memberikan pengalaman layanan digital personal dan efisien bagi nasabah.