REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Workshop Komunikasi Melalui Media Sosial dengan Optimasi AI. Hal itu dilakukan untuk memperkuat peran komunikasi dalam tata kelola korporasi yang transparan dan berorientasi pada kepentingan publik.
Workshop digelar pada 24–25 April 2025 di Palm Park Hotel, Kota Surabaya. Kegiatan ini menghadirkan 125 peserta, terdiri dari para PIC Komunikasi, influencer BUMN, dan pimpinan regional dari berbagai wilayah
Workshop diisi dengan sesi intensif bersama para pakar komunikasi digital dan teknologi, di antaranya seperti Juru Bicara Kementerian BUMN Putri Viola hingga CEO Zando Agency & Co-Founder Aico Community Reynaldi Francois.
Peserta workshop juga diajak ke tiga aset strategis BUMN seperti Galangan Pelni Surya Surabaya, Rumah BUMN Surabaya, dan PT Petrokimia Gresik.
Kunjungan ini menjadi bagian dari praktik langsung peliputan, produksi konten, dan storytelling berbasis lapangan, sebagai bentuk sinergi antara komunikasi digital dan dampak nyata BUMN bagi masyarakat.
Praktik ini memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis dari lapisan terbawah BUMN, mulai dari unit operasional dan pelaksana teknis yang selama ini menjadi sumber utama narasi keberhasilan BUMN di tengah masyarakat.