Selasa 31 Jul 2018 18:00 WIB

Telkomsel Bukukan Laba Bersih Rp 11 Triliun

Total BTS Telkomsel pada akhir semester I 2018 adalah 175.683 BTS.

Pekerja melakukan penggantian antena pada menara BTS Telkomsel di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (17/11). Telkomsel berencana menambah kapasitas jaringan pita lebar atau
Foto: Rekotomo/Antara
Pekerja melakukan penggantian antena pada menara BTS Telkomsel di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (17/11). Telkomsel berencana menambah kapasitas jaringan pita lebar atau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel membukukan pendapatan Rp 42,74 triliun, dan laba bersih Rp 11,72 triliun. Bisnis digital Telkomsel memberikan konstribusi yang signifikan sebesar Rp 21,23 triliun, tumbuh sebesar 17,5 persen dibandingkan pendapatan tahun lalu.

Porsi bisnis digital terhadap total pendapatan Telkomsel mencapai 49,7 persen. Ini meningkat signifikan dari 39,3 persen tahun lalu. Adapun pendapatan dari voice dan SMS masih kuat dan mengkontribusikan 50,3 persen dari pendapatan Telkomsel.

Data, Internet & IT Service memberikan kontribusi terbesar bagi total pendapatan Telkom Group yakni mencapai 50,9 persen, dan tumbuh cukup tinggi sebesar 20,7 persen. Peningkatan pendapatan dari Data, Internet & IT Service tersebut sejalan dengan lonjakan traffic mobile data dan peningkatan pengguna layanan fixed broadband,” ujar Direktur Keuangan Telkom, Harry M Zen di Jakarta, Selasa (31/7)

Meningkatnya pertumbuhan bisnis digital tersebut didukung oleh perluasan dan penguatan jaringan melalui penambahan sebanyak 14.978 BTS baru yang seluruhnya adalah BTS 4G. Total BTS Telkomsel pada akhir semester I 2018 adalah 175.683 BTS atau tumbuh 19,9 persen di mana sebanyak 125.368 BTS atau sebesar 71,4 persen diantaranya merupakan BTS yang mampu memberikan layanan 3G/4G.

Berkat gencarnya penambahan BTS, data traffic Telkomsel meningkat pesat 134,8 persen menjadi 1.943 petabyte. Lonjakan data traffic tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan pengguna perangkat berkemampuan 3G/4G yang tumbuh 24,6 persen menjadi 112,1 juta pelanggan, atau 63,0 persen dari keseluruhan pelanggan Telkomsel.

Telkomsel juga telah sukses melakukan registrasi kartu SIM prabayar. Lebih dari 80 persen pelanggan melakukan registrasi. Pada akhir bulan Juni 2018, Telkomsel tercatat memiliki pelanggan sebanyak 177,9 juta. Dengan pelanggan yang telah teregistrasi, Telkomsel akan dapat melakukan pendekatan marketing yang beragam, termasuk penawaran berbasis keluarga atau paket personal. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement