Sabtu 02 Mar 2019 16:21 WIB

Menjadi Orang Tua yang Baik

Menjadi orang tua yang baik tak ada sekolahnya sehingga perlu terus belajar.

Red: Dwi Murdaningsih
Asep Sapa'at.
Foto: KPM
Asep Sapa'at.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di balik tumbuh kembang seorang anak, sosok orangtua selalu hadir memberikan arti tersendiri. Anak-anak tumbuh dengan sangat cepat. Mengediplah, dan tahu-tahu mereka sudah pergi menjalani kehidupan mereka sendiri.

Itu pula yang dirasakan Litbang Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Asep Sapa'at. "Rasanya baru sebelas tahun lalu saya menunggui kelahiran anak perempuan saya. Sekarang ia sudah sangat sibuk dengan beragam aktivitas belajar di sekolahnya dan menghabiskan banyak waktu bermain bersama sahabatnya," ucap Asep.

Baca Juga

Dia mengatakan ada perasaan haru melihat anak-anak tumbuh begitu cepat. Indah jika mengenang masa-masa saat anak kecil dulu.

"Saya sempat bertanya pada putri saya, 'Apa momen indah yang masih kamu kenang bersama ayah sewaktu kecil, Nak?' Putri saya terdiam sejenak. Saya harap-harap cemas menunggu jawaban dari putri saya. Beberapa detik kemudian, dia tersenyum kecil dan berkata, “Aku senang main bola bersama ayah. Aku senang bermain pasir dan air di pinggir pantai," kata Asep menirukan Putrinya.