Rabu 26 Jun 2013 13:57 WIB

Android Gerogoti Pasar iPhone di Eropa Barat dan India

Red: Mansyur Faqih
Android.Ilustrasi.
Foto: firstpost.com
Android.Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah kehilangan pangsa akibat pertumbuhan Adroid di dua pasar besar, Eropa Barat dan India. International Data Corporation (IDC) melaporkan, tren pasar di Eropa Barat tidak terlihat baik untuk iPhone. 

"Apple iOS terus kehilangan pangsa pasarnya menjadi 20 persen dari 25 persen pada kuartal pertama 2012," kata IDC seperti dilansir CNET, Rabu.

Sementara Android naik 14 persen dari tahun-ke-tahun pada kuartal pertama tahun ini. "Android terus mendominasi platform smartphone," menurut IDC.

Google OS tersebut laku terjual 21,9 juta unit dan pangsa pasarnya meningkat menjadi 69 persen pada kuartal pertama 2013. Yaitu dari 55 persen pada kuartal pertama tahun lalu.

"Sebagian besar negara Eropa Barat mengalami penurunan dalam penjualan smartphone akibat ekonomi yang memburuk, dengan adanya penurunan pendapatan konsumen," ujar dia.

IDC juga merilis sebuah laporan pekan lalu di pangsa pasar smartphone di India. Di negara ini, Apple berjuang untuk tetap relevan. Apple tersingkir dari lima vendor ponsel pintar teratas di India dalam pengiriman unit. Android mendominasi pasar smartphone India dengan pangsa 90 persen. Ini didorong oleh penjualan di segmen low-end.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement