Kamis 11 Sep 2014 04:30 WIB

Monitor Detak Jantung, Apple Watch Gunakan Empat Sensor

Red: Yudha Manggala P Putra
Apple Watch.
Foto: The Verge
Apple Watch.

REPUBLIKA.CO.ID, CUPERTINO -- Tak sekadar meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple turut mengenalkan Apple Watch, produk pertama mereka di pasar wearable device, Selasa (9/9) waktu Amerika Serikat. Salah satu fitur menarik dari arloji pintar ini adalah kemampuannya mendeteksi ritme detak jantung.

The Verge melaporkan, untuk fitur itu, Apple telah menempatkan empat sensor khusus. Sensor-sensor itu dibungkus dalam empat cincin yang terletak di belakang bodi jam tangan.

Keempat peranti itu sudah dilengkapi teknologi infrared dan Visible Light communication (VLC) berbasis LED. VLC adalah teknologi yang menggunakan lampu (seperti LED) untuk mengirimkan sinyal data. Ketiga teknologi ini disebut kunci utama Apple Watch terkait kemampuannya memonitor detak jantung.

Didesain sebagai arloji yang ikut melengkapi kegiatan olahraga penggunanya, Apple Watch juga sudah dibekali fitur accelerometer, yang disebut bisa digunakan pengguna dari memonitor gerakan hingga berapa banyak kalori yang terbakar setiap harinya.