Selasa 23 Jan 2018 08:21 WIB

Sembuhkan Kecanduan Ponsel dengan Ubah Layar Jadi Abu

Suasana gelap tersebut membuat aplikasi populer sosial media menjadi kurang menarik.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Layar ponsel Abu. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Layar ponsel Abu. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tercatat setiap harinya orang Amerika menyentuh layar ponsel pintar mereka lebih dari 2.600 kali dalam sehari. Bahkan dapat menyentuh 5.400 kali dalam sehari.

Data tersebut hanya sebagian kecil dari data lain yang menunjukkan kecanduan seseorang pada ponsel. Apple kemudian membuat tindakan untuk mengurangi kecanduan iPhone pada anak. Namun ternyata sebuah cara sederhana mampu mengurangi kecanduan ponsel.

Mantan design ethicist Google, Tristan Harris mengatakan bahwa dengan mengatur layar menjadi abu membuat pengguna merasa tidak harus memeriksa gawai mereka. Hal ini karena warna tertentu yang digunakan dalam aplikasi, seperti merah dan biru cerah secara tidak sadar membuat pengguna terus mengecek ponsel mereka.

Harris yang pernah kecanduan ponsel ini mengklaim bahwa dia berhasil mengalahkan kebiasaan tersebut dengan mengganti tampilan iPhone ke warna monokrom. Suasana gelap tersebut membuat aplikasi populer seperti Instagram, Facebook, Snapchat dan sosial media lainnya menjadi kurang menarik.