Senin 03 Dec 2018 02:18 WIB

Bekraf-Asosiasi Gim Rumuskan Pengembangan Industri Digital

Hadir sekitar 300 developer/pengembang game dan aplikasi buatan anak negeri

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia Triawan Munaf memberikan paparannya saat  acara BEKRAF Outlook Conference 2019 di Jakarta, Rabu (17/10).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia Triawan Munaf memberikan paparannya saat acara BEKRAF Outlook Conference 2019 di Jakarta, Rabu (17/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Game Indonesia menyelenggarakan Bekraf Develover Conference (BDC) 2018, BDC bertujuan untuk merumuskan pengembangan industri digital 2019.

Dalam pertemuan tersebut hadir sekitar 300 developer/pengembang game dan aplikasi buatan anak negeri seperti Digital Happiness, Gojek, dan Dicoding.

Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari, Ahad (2/12), mengatakan, industri di bidang aplikasi, game, web, IoT menawarkan potensi bisnis yang besar. Namun banyak dari pengembang terutama pemula kesulitan untuk menembus pasar dan layu sebelum tumbuh.

"Indonesia adalah salah satu negara paling berpotensi sebagai produsen game bermutu. Penghasilan yang diperoleh Indonesia setiap tahun dari industri game mencapai Rp 1 triliun. Melihat potensi ini, game developer menjadi salah satu profesi yang sangat dicari," ujarnya, di Hotel The Papandayan Kota Bandung.

Hari menyatakan, kontribusi pengembang lokal terhadap industri game Indonesia hanya 5 persen pada 2017, jumlahnya turun dari 2016 yang sebesar 9,5 persen. Hal ini terjadi karena ukuran pasar membesar, namun jumlah pengembang tidak bertambah.

Di samping itu, investor lokal belum terlalu melirik industri IT karena dinilai tidak memiliki daya jual. Berbeda jika dibandingkan dengan industri properti yang dinilai memiliki aset nyata.

"Investor kita kalau industri properti misal jalan tol berapa puluh kilometer, sudah ada kelihatan, /nah kalau ke start up flashdisk doang asetnya,"ujar Hari.

Menurut dia, justru kebanyakan investor datang dari luar negeri dibanding dalam negeri.

Untuk itu dalam pertemuan ini, kata dia, seluruh elemen pengembang bisa bersinergi untuk menciptakan iklim industri digital tanah air yang produktif. Sinergi itu akan dirumuskan dalam sebuah rekomendasi yang akan menjadi acuan pengembangan industri digital nasional pada 2019.

"Pemerintah juga telah merumuskan cetak biru ekonomi kreatif kekuatan baru Indonesia menuju 2025. Sektor tersebut selain diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi nasional juga mampu menjadi sebuah identitas baru bangsa yang kreatif dan inovatif," ujar Hari.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement