Rabu 02 Dec 2015 20:34 WIB

Aplikasi Ini Bisa Lihat Sinyal Wifi

Rep: c25/ Red: Dwi Murdaningsih
Visualisasi suara gelombang wifi.
Foto: stefanie Posavevec/science alert
Visualisasi suara gelombang wifi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekuatan melihat gelombang radio kini tidak hanya ada di film-film science fiction. Dengan Architecture of Radio, semua orang kini bisa memiliki kemampuan super untuk melihat gelombang radio di sekitar kita.

Dilansir dari PC Authority, Rabu (2/12), Architecture of Radio dapat membangun visualisasi yang cantik dari lokasi satelit, router dan menara telepon seluler.

Aplikasi ini dapat menunjukkan interaksi gelombang yang terjadi di antara ketiga lokasi tersebut. Aplikasi ini menggunakan GPS bersama, dengan database global yang berisi lokasi dari tujuh juta menara ponsel dan 19 juta router, selain ratusan satelit yang ada di orbit.

Ini merupakan cara yang cukup komprehensif, untuk melihat seberapa banyak kita dibombardir dengan sinyal pada waktu atau tempat tertentu. Walau tidak dapat mengukur kekuatan sinyal atau kecepatan jaringan, aplikasi ini berguna untuk menggunakan atau berada di dekat suatu benda berbahan timah.

Architecture of Radio saat ini tersedia untuk iPad di App Store seharga 4,49 dolar, dan versi Android diperkirakan baru akan diluncurkan pada awal 2016.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement