Rabu 31 Jan 2018 18:18 WIB

Utara Finlandia Jadi Tempat Terbaik untuk Melihat Super Blue

Ujung utara Finlandia akan menjadi tempat pengamatan langit untuk melihat gerhana ini

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Super blue blood moon
Foto: republika
Super blue blood moon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun fenomena gerhana bulan, supermoon dan blue moon adalah fenomena wajar, ketiga fenomena ini tidak sering terjadi secara bersamaan. Beberapa belahan bumi termasuk Finlandia berkesempatan melihat secara langsung fenomena super blue blood moon ini.

Ujung utara Finlandia akan menjadi tempat pengamatan langit untuk melihat fenomena ini, tentunya jika cuaca mendukung. Lokasi terbaik untuk melihat gerhana bulan total di Finlandia berada di wilayah utara Inari dan Utsjoki antara pukul 2.52 sampai jam 4.08 siang pada Rabu (31/1) waktu setempat.

Meski begitu, daerah di Finlandia selatan, Lapland utara, tidak dapat melihat gerhana bulan total. Namun, menurut media angkasa Finlandia, Thdet ja Avaruus sebagian gerhana akan terlihat di daerah timur laut antara kota Kokkola (di pantai barat) dan Lappeenranta (di perbatasan selatan Finlandia).

Majalah tersebut melaporkan, sejak Januari secara statistik bulan terlihat paling gemilang tahun ini. Namun, fenomena tersebut sulit dilihat karena lokasinya. Bahkan jika langit cerah sekalipun, gerhana bulan tidak akan terlihat di selatan Finlandia karena ketika gerhana bulan total terjadi, bulan berada di atas horison sehingga bulan terlihat kabur.

Supermoon terjadi ketika bulan purnama berada di jarak paling dekat dengan bumi dalam orbit eipsnya sehingga tampak lebih besar dari biasanya. Sedangkan blue moon terjadi ketika ada dua bulan purnama dalam satu bulan.

Dilansir dari laman Yle, gerhana bulan adalah saat bulan melewati bayangan bumi. Bulan pada saat gerhana disebut blood moon karena warna merah yang muncul ketika gerhana berlangsung, dilansir laman Space.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement