Rabu 31 Oct 2018 02:30 WIB

Pesawat Ruang Angkasa Capai Jarak Terdekat dengan Matahari

Pesawat probe ini akan mencapai 6,2 juta kilometer dari permukaan Matahari.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih
Matahari (Illustrasi)
Matahari (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Sebuah pesawat ruang angkasa, Parker Solar Probe yang diluncurkan pada Agustus lalu, saat ini sedang dalam perjalanannya untuk membentuk orbit matahari. Badan antariksa AS (NASA) melaporkan pesawat berukuran 685 kg itu sekarang memegang rekor untuk pendekatan terdekat ke Matahari oleh objek buatan manusia.

Dilansir di arstechnica.com, pesawat itu tercatat saat ini telah mencapai 42,7 juta kilometer dari permukaan Matahari pada 29 Oktober 2018, sekitar pukul 1:04 siang waktu ET ( 17:04 UTC). Catatan itu melebihi rekor sebelumnya, yang telah dipecahkan oleh pesawat ruang angkasa  Helios 2 Jerman-Amerika pada April 1976.

photo
Solar parker.

"Ini sudah 78 hari sejak Parker Solar Probe diluncurkan, dan kami sekarang telah mendekati bintang kami daripada pesawat angkasa lain dalam sejarah," kata Project Manager Andy Driesman, dari Johns Hopkins Applied Physics Laboratory di Laurel, Maryland, dalam rilis berita, Selasa (30/10) waktu setempat.

“Ini adalah momen yang membanggakan bagi tim, meskipun kami tetap fokus pada pertemuan matahari pertama kami, yang dimulai pada 31 Oktober,” lanjutnya.

Kemudian, pada Selasa,pesawat probe surya ini juga harus memecahkan rekor Helios 2 untuk kecepatan relatif terhadap Matahari 246,960 km / jam. Pesawat probe ini masih harus bergerak lebih dekat ke Matahari, dan harus mencapai pertemuan pertama yang relatif dekat dengan bintang pada 5 November.

Pesawat ini juga ditargetkan untuk mencapai jarak terdekatnya pada matahari pada 2024 nanti. Pesawat probe ini akan mencapai 6,2 juta kilometer dari permukaan Matahari.

Dijelaskan, tujuan utama dari Parker Solar Probe ini adalah untuk mempelajari angin matahari. Dinamai dengan nama Parker, diambil dari nama Eugene Parker yang pertama kali berteori mengenai aliran partikel mengalir jauh dari Matahari sekitar enam dekade yang lalu.

Seiring waktu, para astronom datang untuk menerima ide ini. Mereka pun mulai mempelajari plasma elektron yang bergerak pada matahari, dan dampak plasma elektron itu pada Tata Surya dari hilangnya atmosfer Mars ke angkasa luar angkasa di Bumi dan perlindungan satelit yang mengorbit.

Tetapi untuk benar-benar memahami angin matahari, para ilmuwan harus lebih dekat dengan Matahari, dan mereka telah memikirkan tentang misi seperti Parker Solar Probe sejak akhir 1970-an. Probe sekarang dalam proses menyelaraskan diri menjadi orbit elips yang akan memungkinkan studi angin matahari di dekat sumbernya. Pesawat ruang angkasa harus menyelesaikan yang terakhir dari dua lusin dekat flybys Matahari pada 2025.

Farah Noersativa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement