REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA--Telkom Indonesia melakukan penambahan kapasitas, sebagai antisipasi kenaikan trafik komunukasi layanan fixed wireless acces (FWA) Telkom Flexi. Telkom juga melakukan peningkatan kualitas jaringan.
Sebagai antisipasi kenaikan trafik SMS, Flexi menyediakan dua SMS center (SMSC) yang mampu menangani 8 juta SMS per hari. Selain itu, untuk menangani pengiriman SMS ke operator GSM, disediakan gateway khusus yang mampu memproses 10 ribu SMS per detik.
“Hasil pengetesan langsung di lapangan menunjukkan End Point Service Availability mencapai 99,2 persen alias di atas standar regulator yang 90 persen. Hal ini menunjukkan tingkat drop call berhasil dikurangi dan ketersambungan komunikasi dijamin berhasil dengan baik,” jelas Executive General Manager Telkom Flexi Triana Mulyatsa di Jakarta, Rabu (8/9).
Sedangkan kinerja untuk layanan SMS mencapai 97,9 persen atau melebih standar rata-rata sebesar 75 persen. “SMS tetap akan menjadi andalan untuk berkirim pesan ucapan selamat Lebaran. Tingkat kesuksesan pengiriman yang tinggi akan menjamin pesan diterima oleh nomor yang dituju, sehingga pesan komunikasi berjalan lancar,” katanya.
Triana mengingatkan, bagi pelanggan Flexi yang akan berpergian keluar kota agar tidak lupa mengaktifkan layanan Flexi Combo dengan menekan *777 yes/send. Pengisisan pulsa juga bisa dilakukan di daerah combo baik itu melaui voucher elektronik dengan mengisikan ke nomor induknya atau voucher fisik langsung di daerah combo.
Flexi sendiri telah menyiapkan 3,5 juta nomor combo, bahkan secara sistem disiapkan kelonggaran 20-30 persen dari kapasitas tersedia guna mengatasi lonjakan permintaan kala pelanggan mudik.
Saat ini Flexi telah melayani 16,2 juta pelanggan yang didukung oleh ketersediaan infrastruktur base transceiver station CDMA sebanyak 5800 unit yang tersebar di lebih dari 257 kota di Indonesia. Akhir tahun nanti, Telkom Indonesia kembali meningkatkan kapasitas jaringan dengan mengadopsi teknologi EVDO dengan satu kanal khusus di enam kota.