Kamis 13 Sep 2012 13:50 WIB

Mendadak, Dubes Jepang untuk Cina Pingsan

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Secara mendadak duta besar baru Jepang untuk Cina, Shinichi Nishimiya, jatuh pingsan. Menurut seorang pejabat Jepang, saat ini sang dubes tengah dirawat di Rumah Sakit TOkyo.

Nishimiya, yang secara resmi ditunjuk pada Selasa (13/9), jatuh di jalan dekat rumahnya di kawasan modis Shibuya di ibu kota Jepang, kata kantor berita Jiji Press, Kamis (13/9).

Kyodo News melaporkan bahwa duta besar tidak sadarkan diri. Seorang pejabat di kementerian luar negeri mengonfirmasi bahwa Nishimiya, 60 tahun, kini jatuh sakit.

"Kami ketahui bahwa Dubes Nishimiya telah dibawa ke rumah sakit Kamis pagi karena kesehatannya memburuk, tetapi kami tidak memiliki rinciannya," katanya kepada AFP.

Pejabat itu menambahkan bahwa ia tidak tahu terjadinya kecelakaan itu. Jiji pers, yang mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, mengatakan tidak dicurigai kemungkinan adanya tindakan curang.

Nishimiya, seorang diplomat karir, menggantikan Uichiro Niwa pada saat Jepang dan Cina berselisih atas pulau yang disengketakan di Laut Cina Timur.

Niwa, seorang mantan pengusaha, mengangkat kecurigaan di dalam negeri pada awal tahun ini ketika dia mengatakan, gubernur nasionalis Tokyo akan membeli pulau-pulau yang menyebabkan krisis hubungan antara Cina dan Jepang karena krisis itu bisa membahayakan hubungan ekonomi.

Penunjukan Nishimiya terjadi pada saat pemerintah daerah Tokyo mengatakan pihaknya memutuskan membeli tiga pulau di gugus kepulauan Senkaku yang dikelolanya, namun diklaim oleh Cina sebagai Diaoyu.

Kepulauan yang terletak sekitar 200 kilometer (125 mil) dari Taiwan itu terletak di dekat perlayawan penting dan diyakini kaya dengan sumber daya mineral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement