Ahad 02 Jun 2013 14:55 WIB

Hari ini di 1896, Marconi Mengumumkan Penemuan Soal Radio

Red: M Irwan Ariefyanto
Guglielmo Marconi dan radio
Foto: enschedit.com
Guglielmo Marconi dan radio

REPUBLIKA.CO.ID,Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Nah, hari ini di 1896, Guglielmo Marconi (1874-1937)  mengumumkan penemuan radio. Marconi sanggup membuktikan bahwa dia bisa mengirim berita tanpa kawat menyeberang selat Inggris. Pada 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan arti pentingnya tumbuh dengan amat cepatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement