Senin 25 Jan 2016 11:07 WIB

Ini Faktor Lain Penyebab Tahi Lalat Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Melanoma
Foto: wikipedia
Melanoma

REPUBLIKA.CO.ID, Tahi lalat bisa menjadi salah satu tanda kanker kulit. Namun ada beberapa faktor lain yang juga meningkatkan risiko tersebut. Berikut ini faktor lain yang dimaksud seperti dilansir Healthliving.

 

1. Faktor keluarga.

Meski Anda kebal terhadap efek negatif sinar matahari, tapi Anda bisa rentan terkena kanker kulit jika rata-rata keluarga Anda didiagnosis memiliki tahi lalat melanoma.

 

2. Bekas tahi lalat yang dibuang.

Jika sebelumnya Anda pernah membuang tahi lalat yang berpotensi kanker, ternyata Anda berpotensi juga memiliki tahi lalat berbahaya lainnya. Melanoma bisa bertahan di tubuh sembilan kali lebih kuat.

 

3. Waspada pada bagian tubuh tertentu.

Tahi lalat bisa muncul di mana saja di tubuh Anda. Namun melanoma cenderung tumbuh di bagian tubuh tertentu. Yang paling umum, melanoma muncul di bagian belakang tubuh pada laki-laki dan di kaki bagian bawah pada perempuan.

 

Jika Anda khawatir dengan tahi lalat di kulit Anda, jangan tunda pergi ke dokter kulit. Tanda kanker yang terdeteksi sejak awal bisa menyelamatkan hidup Anda dari penyakit tersebut.

Ahli dermatologi telah mengembangkan informasi mengenai gejala kanker kulit dari tahi lalat. Gejala ini umum disebut tahi lalat ABCDE. Apa itu?

A --  Asimetris. Bentuk tahi lalat berbeda dari yang lainnya.

B --  Border (pinggiran). Tahi lalat yang memiliki pola pinggiran tak beraturan.

C --  Colour (warna). Satu tahi lalat memiliki corak warna yang berbeda.

D --  Diameter. Tahi lalat yang memiliki diameter lebih lebar dari sebatang pensil.

E --  Evolve (berkembang). Tahi lalat yang berkembang dengan cepat.

 

 

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا كُنْتَ فِيْهِمْ فَاَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلٰوةَ فَلْتَقُمْ طَاۤىِٕفَةٌ مِّنْهُمْ مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوْٓا اَسْلِحَتَهُمْ ۗ فَاِذَا سَجَدُوْا فَلْيَكُوْنُوْا مِنْ وَّرَاۤىِٕكُمْۖ وَلْتَأْتِ طَاۤىِٕفَةٌ اُخْرٰى لَمْ يُصَلُّوْا فَلْيُصَلُّوْا مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوْا حِذْرَهُمْ وَاَسْلِحَتَهُمْ ۗ وَدَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ تَغْفُلُوْنَ عَنْ اَسْلِحَتِكُمْ وَاَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيْلُوْنَ عَلَيْكُمْ مَّيْلَةً وَّاحِدَةً ۗوَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِنْ كَانَ بِكُمْ اَذًى مِّنْ مَّطَرٍ اَوْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَنْ تَضَعُوْٓا اَسْلِحَتَكُمْ وَخُذُوْا حِذْرَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ اَعَدَّ لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًا
Dan apabila engkau (Muhammad) berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu engkau hendak melaksanakan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata mereka, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan satu rakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang lain yang belum salat, lalu mereka salat denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata mereka. Orang-orang kafir ingin agar kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu sekaligus. Dan tidak mengapa kamu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat suatu kesusahan karena hujan atau karena kamu sakit, dan bersiap siagalah kamu. Sungguh, Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.

(QS. An-Nisa' ayat 102)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement