Selasa 31 Dec 2019 12:08 WIB

4 Destinasi Road Trip di Indonesia yang Bikin Liburan Makin Seru

Kota mana saja yang bisa Anda jadikan road trip? Berikut ulasannya yang dikutip dari Kompas.com. 

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Liburan tak hanya mengunjungi pantai, gunung atau kota-kota yang menarik saja. Indonesia memiliki banyak daerah yang panoramanya indah untuk mendukung kegiatan road trip. Tempat-tempat tersebut juga dikenal mempunyai kondisi jalan baik dan penduduk ramah. 

Road trip merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa dicoba traveler di masa liburan. Saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil atau motor, Anda juga bisa mengunjungi banyak tempat wisata indah. 

Baca Juga

Kota mana saja yang bisa Anda jadikan road trip? Berikut ulasannya yang dikutip dari Kompas.com. 

Aceh

Sumber: Nusantara

Aceh cocok dituju pelancong yang ingin merasakan pengalaman liburan anti-mainstream. Saat menghampiri provinsi sini, Anda bakal dibuat kagum dengan sumber kekayaan alamnya yang menakjubkan. Salah satu bukti keindahan alam Aceh bisa ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman ini menyuguhkan panorama asri yang menyegarkan mata. Di sana, wisatawan juga bisa melihat kawanan orangutan. Jangan lupa juga untuk menjelajahi keindahan Pulau Weh di Sabang. Pulau tersebut menyimpan wisata bahari yang sungguh memesona.

Ada juga Danau Takengon yang banyak disukai wisatawan karena menyuguhkan suasana asri. Kondisi jalan di Aceh terbilang baik sehingga menunjang pengalaman road trip yang memuaskan. Selain itu, jumlah pengendara di sini juga terbilang sepi. Dengan demikian, Anda bisa menikmati perjalanan secara nyaman dan tenang.

Pulau Sumba, NTT

Sumber: Pesona

Para penikmat road trip juga direkomendasikan pergi ke Pulau Sumba. Pulau seluas 11.000 kilometer persegi ini juga memiliki akses jalan yang amat baik. Anda bakal merasakan pengalaman berkendara yang berkesan karena Pulau Sumba diberkahi dengan landscape alam unik.

Baca Juga: 4 Destinasi Ikonik di Pulau Sumba

Alasan lain yang membuat Pulau Sumba layak dituju para traveler adalah jalannya terbuat dari aspal mulus. Dengan begitu, wisatawan bisa menikmati perjalanan tanpa tergoncang-goncang akibat melewati jalan yang belum rata. Suasana hati pun tidak akan terganggu selama road tripping

Pulau Sumba juga memiliki sejumlah destinasi wisata indah yang layak dijadikan tempat singgah. Wujudnya pun bermacam-macam, mulai dari sabana, pantai, bukit, hingga wisata berbasis budaya. Kehadiran objek wisata menawan di Pulau Sumba tentu akan membuat petualangan Anda terasa lebih seru dan berkesan.

Sulawesi Selatan

Sumber: Pesona

Destinasi selanjutnya yang wajib dijajal penggemar road trip adalah Sulawesi Selatan. Provinsi ini menyimpan banyak titik wisata yang bakal mewarnai momen liburan Anda. Sebagian besar pelancong biasanya memilih jalur road trip dari Makassar menuju Toraja. 

Daya tarik Sulawesi Selatan juga berasal dari keindahan tempat-tempat wisatanya. Pelancong bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata favorit masyarakat setempat seperti Tanjung Bira dan Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung. Aturlah waktu singgah ke tempat-tempat ini supaya Anda mendapat pengalaman unik.

Selagi menikmati road trip, Anda juga dapat meluangkan waktu untuk berwisata kuliner. Sulawesi Selatan dikenal mempunyai aneka makanan lezat dengan cita rasa unik. Perjalanan Anda tentu bakal terasa lebih seru ketika menjajal makanan khas masyarakat setempat.

Sukabumi, Jawa Barat

Sumber: Istimewa

Dan Sukabumi juga layak dimasukkan dalam daftar destinasi road trip yang tak kalah seru. Lokasinya cukup dekat dengan Jakarta, cocok untuk wisatawan yang hanya memiliki waktu liburan pendek. Anda bisa menyambangi Sukabumi secara mudah lewat Tol Bocimi yang selesai dibangun sejak tahun 2018.

Kabupaten Sukabumi memiliki objek wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya. Contoh destinasi wisata yang bisa dijumpai di sini adalah pantai, sungai, air terjun, dan gunung. Pelancong tentu bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk melepas suntuk sekaligus menikmati pemandangan indah.

Berlibur ke Sukabumi rasanya kurang lengkap bila tidak mendatangi Geopark Ciletuh. Geopark Ciletuh kabarnya mempunyai 32 titik wisata yang disertai panorama ciamik. Akses jalan menuju tempat ini juga terbilang baik karena sudah diaspal. Tidak ada alasan untuk tidak ke sini.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement