Ahad 26 Apr 2020 15:57 WIB

Tips Mencegah Diri Agar tak Alami Cabin Fever

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah diri mengalami 'cabin fever'.

Red: Nora Azizah
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah diri mengalami 'cabin fever' (Foto: ilustrasi bosan di rumah)
Foto: Piqsels
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah diri mengalami 'cabin fever' (Foto: ilustrasi bosan di rumah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sudah mulai populer, cabin fever sebenarnya tidak ada di pedoman diagnostik gangguan jiwa. Hal ini membuat istilah tersebut tidak bisa dimasukkan dalam kategori gangguan jiwa.

Menurut pakar dr Gina Anindyajati, SpKJ dari Departemen Psikiatri FKUI-RSCM, mengatakan, cara mengatasi cabin fever sebenarnya lebih tepat dengan berobat ke terapis. Namun, mengingat PSBB masih diberlakukan, bepergian ke luar rumah bukanlah opsi yang bijak.

Baca Juga

Jika bepergian ke luar rumah bukanlah pilihan yang bisa diambil, berikut beberapa tips mencegah diri agar tidak mengalami cabin fever.

Lakukan rutinitas biasa

Bekerja dari rumah bukan alasan untuk bermalas-malasan. Buatlah rutinitas yang bisa menjaga jadwal sehari-hari. Misalnya, tetaplah bangun atau mandi di pagi hari, supaya tubuh dan pikiran tetap terjaga.

Buatlah jadwal rutinitas meski sedang berada di rumah. Jika kita harus bekerja atau belajar dari rumah maka buatlah jadwal bekerja atau belajar harian.

Tentukan kapan waktu bekerja, waktu beres-beres rumah sampai waktu tidur. Patuhilah jadwal tersebut dan anggap sedang menjalani hari biasa.

Buat rutinitas baru

Jika load pekerjaan atau tugas-tugas tidak sepadat biasanya maka kita bisa membuat rutinitas baru yang menyenangkan. Membuat rutinitas baru bisa dilakukan dengan cara menghadirkan dunia luar ke dalam rumah. Bukalah jendela, letakkan bunga-bungaan di dalam rumah, bercocok tanam yang bisa mengobati kerinduan dari dunia luar.

photo
Bosan (ilustrasi). - (businesscomputingworld.co.uk)

Ubah penataan perabotan secara berkala

Penataan ulang perabotan rumah bisa menjadi solusi dari kebosanan. Buat pojok kerja atau pojok belajar yang menarik. Atur ulang penataan perabotan agar tidak monoton, ganti seprei dan sarung bantal.

Tetap aktif

Tetaplah aktif secara fisik dan mental. Usahakan untuk melakukan olahraga di dalam rumah. Aktif bergerak bisa dilakukan dengan cara membereskan rumah atau membersihkan kamar mandi, mencuci pakaian dan lain-lain.

"Melakukan pekerjaan rumah tangga juga perlu strategi, maka gunakan otak kita untuk merancang cara yang paling efisien dalam membersihkan rumah," kata dr Gina.

Tetap terhubung

Berada di rumah sendirian bukan berarti kita kesepian. Lakukan kontak yang reguler dengan orang-orang terdekat kita, saling bertukar kabar dan cerita lewat platform digital.

"Mari ringankan beban satu sama lain dengan mendengarkan dan berbagi cerita," kata dr Gina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement