Selasa 16 Feb 2021 05:50 WIB

Ketika Para Nabi Juga Berdoa Dijauhkan dari Orang Zalim 

Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terhindar dari orang zalim merupakan salah satu rahmat yang diberikan Allah SWT. Ini menjadi berkah bagi dirinya dan hendaknya sorang hamba senantiasa berdoa agar terhindar dari orang-orang zalim.

Dilansir dari laman Islamweb pada Senin (15/2), Banyak ayat-ayat yang disebutkan dalam Alquran agar dapat terhindar dari orang yang zalim. Bahkan, para nabi meneladankan berdoa dijauhkan dari perilaku zalim orang-orang yang zalim. 

Nabi Musa 

Nabi Musa meminta kepada Allah untuk menyelamatkannya dari Firaun dengan doa: 

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ Rabbi najjini minal qaumidhalimin. "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim." (QS al-Qashash: 21). 

Kemudian, Allah menyelamatkan Nabi Musa. Hal ini sama dengan nabi lainnya ketika berada dalam keadaan bahaya. Allah berfirman:

ثُمَّ نُنَجِّىۡ رُسُلَنَا وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا‌ كَذٰلِكَ‌ۚ حَقًّا عَلَيۡنَا نُـنۡجِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ "Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman, demikianlah menjadi kewajiban Kami menyelamatkan orang yang beriman." (QS Yunus: 103).

Nabi Luth 

Allah juga menjelaskan kisah Nabi Luth dalam Alquran, beliau berdoa agar terhindar dari orang zalim: 

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ (Luth berdoa), "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan." (QS as-Syu’ara’: 169).  

Nabi Hud meminta pertolongan kepada Allah SWT...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيْرًا مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِۖ لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اٰذَانٌ لَّا يَسْمَعُوْنَ بِهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ كَالْاَنْعَامِ بَلْ هُمْ اَضَلُّ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْغٰفِلُوْنَ
Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.

(QS. Al-A'raf ayat 179)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement