Senin 26 Apr 2021 03:42 WIB

Zhurong, Robot Milik China yang akan Jelajahi Mars

Zhurong merupakan dewa api kuno dalam mitologi China.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Zhurong, robot penjelajah China.
Foto: CNSA
Zhurong, robot penjelajah China.

REPUBLIKA.CO.ID, NANJING -- China akan memulai upaya pendaratan di planet Mars pada pada Mei. Kini, negara itu, telah menamai penjelajah Planet Mars pertamanya “Zhurong”. Zhurong merupakan dewa api kuno dalam mitologi China.

Dilansir dari Space, Ahad (25/4), Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) mengungkapkan nama itu pada Hari Luar Angkasa China keenam yang diadakan di Nanjing pada Sabtu (24/4).

Baca Juga

Zhurong menjadi nama paling populer dari 10 nama terpilih untuk pemungutan suara publik yang dibuka pada Januari. Pilihan itu didukung oleh panel ahli dan CSNA sendiri.

Nama Zhurong dianggap sangat tepat, karena berpasangan dengan “Huoxing” yang secara harfiah berarti “bintang api”. Huoxing merupakan nama China untuk Mars.

Kapal penjelajah Zhurong bertenaga surya seberat 240 kilogram  ini adalah bagian dari misi Tianwen-1 yang diluncurkan pada Juli 2020. Misi ini tiba di orbit sekitar Mars pada Februari. Pengorbit Tianwen-1 telah mengumpulkan gambar resolusi tinggi dari lokasi pendaratan target Zhurong di Utopia Planitia.

Upaya pendaratan diharapkan pada pertengahan Mei, menurut seorang ilmuwan luar angkasa senior China.

Penjelajah membawa kamera panorama dan multispektral serta instrumen untuk menganalisis komposisi bebatuan. Zhurong juga akan menyelidiki karakteristik bawah permukaan dengan radar penembus tanah, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلٰمَيْنِ يَتِيْمَيْنِ فِى الْمَدِيْنَةِ وَكَانَ تَحْتَهٗ كَنْزٌ لَّهُمَا وَكَانَ اَبُوْهُمَا صَالِحًا ۚفَاَرَادَ رَبُّكَ اَنْ يَّبْلُغَآ اَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَۚ وَمَا فَعَلْتُهٗ عَنْ اَمْرِيْۗ ذٰلِكَ تَأْوِيْلُ مَا لَمْ تَسْطِعْ عَّلَيْهِ صَبْرًاۗ ࣖ
. Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu. Apa yang kuperbuat bukan menurut kemauanku sendiri. Itulah keterangan perbuatan-perbuatan yang engkau tidak sabar terhadapnya.”

(QS. Al-Kahf ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement