Selasa 08 Jun 2021 21:38 WIB

New York Times, Amazon, Hingga Reddit Sempat Down Satu Jam

Gara-gara layanan cloud Fastly alami pemadaman, puluhan situs global down

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Gara-gara layanan cloud Fastly alami pemadaman, puluhan situs global down. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Gara-gara layanan cloud Fastly alami pemadaman, puluhan situs global down. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Puluhan situs website down atau tidak dapat beroperasi selama hampir satu jam, Selasa (8/6). Kondisi ini terjadi setelah perusahaan layanan cloud Fastly mengalami pemadaman karena kritis ketika menjalankan saluran pipa internetnya.

Puluhan situs termasuk New York Times, CNN, beberapa situs Amazon, Twitch, Reddit, Guardian, dan halaman rumah pemerintah Inggris tidak dapat dijangkau. Di Asia, kota-kota seperti Hong Kong dan Singapura juga terpengaruh. Para pengguna tidak dapat mengakses situs web CNN. Di China, di mana sebagian besar situs media asing diblokir, ada sedikit diskusi tentang penghentian di platform media sosial seperti Weibo.

Baca Juga

Fastly yang berbasis di San Francisco mengakui masalah tepat sebelum pukul 06.00 waktu setempat. Dikatakan dalam pembaruan berulang di situs webnya bahwa mereka terus menyelidiki masalah ini.

Sekitar satu jam kemudian, perusahaan mengatakan masalahnya telah diidentifikasi dan perbaikan telah diterapkan. "Pelanggan mungkin mengalami peningkatan beban asal saat layanan global kembali," terang pernyataan itu. Menurut perusahaan tersebut, sejumlah situs yang terkena lebih awal akan kembali online.

Fastly mengatakan telah mengidentifikasi konfigurasi layanan yang memicu gangguan, yang berarti pemadaman tampaknya disebabkan secara internal. Namun, semua pasar berjangka utama di AS turun tajam beberapa menit setelah pemadaman terjadi hampir tepat sebulan setelah serangan siber yang menyebabkan operator pipa bahan bakar terbesar di AS menghentikan operasinya.

Pengukuran lalu lintas internet oleh Kentik menunjukkan bahwa Fastly mulai pulih dari pemadaman sekitar satu jam setelah terjadi pada pertengahan pagi waktu Eropa dan sebelum kebanyakan orang Amerika bangun. "Sepertinya perlahan kembali," kata Doug Madory, pakar infrastruktur internet di Kentik. Dia mengatakan hal ini serius karena Fastly adalah salah satu CDN terbesar di dunia dan ini adalah pemadaman global.

Fastly adalah jaringan pengiriman konten. Fastly menyediakan "server tepi" komputasi awan yang penting tetapi di belakang layar ke banyak situs web populer.

Server ini menyimpan atau "cache" konten seperti gambar dan video di tempat-tempat di seluruh dunia sehingga mereka lebih dekat dengan pengguna, memungkinkan mereka untuk mengambilnya lebih cepat dan lancar daripada harus mengakses server asli situs.

Fastly mengatakan layanannya berarti bahwa pengguna Eropa yang mengunjungi situs web Amerika bisa mendapatkan konten dari 200 hingga 500 milidetik lebih cepat. Dampak dari masalah Fastly menyoroti kerapuhan relatif arsitektur internet saat ini karena ketergantungannya yang besar pada perusahaan Big Tech, seperti layanan cloud AWS Amazon, dibandingkan dengan model yang lebih terdesentralisasi.

"Bahkan perusahaan terbesar dan tercanggih pun mengalami pemadaman. Namun mereka juga bisa pulih dengan cukup cepat," kata Madory.

Ketika pemadaman terjadi, beberapa pengunjung yang mencoba mengakses CNN.com mendapat pesan yang mengatakan: "Fastly error: unknown domain: cnn.com". Upaya untuk mengakses situs web Financial Times memunculkan pesan serupa saat kunjungan ke New York Times dan situs gov.uk pemerintah Inggris mengembalikan pesan "Error 503 Service Unavailable", bersama dengan baris "Varnish cache server" yang merupakan teknologi yang Fastly dibangun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement