Senin 05 Jul 2021 07:26 WIB

Akankah Vieira Ikuti Kegagalan De Boer di Crystal Palace?

Frank de Boer menggantikan Sam Allardyce yang dipecat setelah lima pertandingan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Patrick Vieira.
Foto: Reuters/Ray Stubblebine
Patrick Vieira.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Patrick Vieira dipecat beberapa jam setelah kekalahan Nice di Liga Europa oleh Bayer Leverkusen. Ini kekalahan kelima berturut-turut Nice pada Desember 2020.

Pada tahun 2017, Crystal Palace mengganti salah satu pelatih paling berpengalaman dalam sejarah Liga Primer Inggris dengan seseorang yang belum pernah menjadi pelatih di Inggris sebelumnya. Frank de Boer menggantikan Sam Allardyce yang dipecat setelah lima pertandingan.

Pada 2021, Crystal Palace telah menggantikan salah satu pelatih paling berpengalaman dalam sejarah Liga Primer, Roy Hodgson, dengan seseorang yang belum pernah berhasil sebagai pelatih di Inggris sebelumnya.

Jadi, apakah Patrick Vieira akan tampil lebih baik daripada De Boer setelah menggantikan Roy Hodgson yang berusia 73 tahun?

Vieira, 45 tahun, telah melatih dua klub hingga saat ini, New York City (NYC) di Amerika Serikat (AS) dan Nice di Ligue 1 Prancis. Pada satu tahap, mantan gelandang Arsenal yang legendaris itu tampak seolah-olah sedang dipersiapkan untuk menjadi pelatih Manchester City berikutnya. Sebaliknya, peluangnya di Liga Primier datang di Selhurst Park.

Dilansir dari BBC Sports, Senin (5/7), Vieira memiliki sedikit pengalaman manajerial dalam dua pekerjaan itu, 90 pertandingan dengan New York City dan 89 dengan Nice. Ia meninggalkan NYC karena pilihannya untuk pekerjaan di Nice, tetapi dipecat oleh klub Prancis pada bulan Desember dan tidak bekerja sebagai pelatih sejak itu.

De Boer tidak memiliki pengalaman dalam sepak bola Inggris ketika ia mengambil alih kursi pelatih di Palace pada 2017. Dia dipecat setelah hanya lima pertandingan, termasuk empat kekalahan.

Vieira memenangkan tiga gelar Liga Primer Inggris dan empat Piala FA saat menjadi pemain Arsenal serta satu trofi Piala FA saat menjadi pemain Manchester City. Ia masuk daftar pemain di tim terbaik Liga Primer versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional sebanyak tujuh kali dan menjadi pemain terbaik tahun 2001.

Selain itu, Vieira telah belajar melatih di Inggris bersama tim cadangan Man City. Dalam wawancara pertamanya sebagai pelatih Palace, ia berbicara tentang kegembiraannya dalam proyek di Selhurst Park, termasuk rencana untuk mengembangkan akademi.

Poin plus lainnya untuk Vieira dibandingkan De Boer adalah bahwa De Boer yang berasal dari Belanda hanya bertahan 14 pertandingan di Inter Milan, kalah setengah dari pertandingan itu, dalam pengalaman manajerial sebelumnya. Jadi De Boer datang ke klub dengan stok pengalaman yang cukup rendah.

Tetapi De Boer telah mencapai lebih banyak trofi sebagai pelatih, memenangkan empat gelar berturut-turut di Ajax dari 2011 hingga 2014.

De Boer juga berhasil melakukan sesuatu yang tidak dilakukan Vieira, memenangkan trofi di Amerika Serikat. Ia memenangkan Piala AS Terbuka 2019, semacam Piala FA di Inggris, bersama Atlanta United setelah meninggalkan Palace.

Palace bersama Vieira akan memulai musim Liga Primer Inggris 2021/2022 dengan menghadapi juara Liga Champions Chelsea pada 14 Agustus 2021.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement