Selasa 24 Aug 2021 07:27 WIB

Israel: Dosis Ketiga Pfizer Ampuh Turunkan Risiko Infeksi

Israel memberikan dosis ketiga vaksin Pfizer untuk warga berusia 60 tahun ke atas.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer. Menurut Kementerian Kesehatan Israel, dosis penguat vaksin Covid-19 Pfizer ampuh mencegah infeksi SARS-CoV-2 pada populasi lansia 60 tahun ke atas.
Foto: Prayogi/Republika.
Vaksin Covid-19 Pfizer. Menurut Kementerian Kesehatan Israel, dosis penguat vaksin Covid-19 Pfizer ampuh mencegah infeksi SARS-CoV-2 pada populasi lansia 60 tahun ke atas.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Dosis penguat (booster) vaksin Covid-19 dari Pfizer secara signifikan meningkatkan perlindungan dari infeksi dan penyakit serius pada lansia berusia 60 ke atas di Israel. Hal itu jika dibandingkan dengan penerima dua dosis vaksin yang sama dengan kategori usia yang sama.

Kesimpulan itu berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan Israel, Ahad lalu.  Data tersebut dipresentasikan pada pertemuan panel ahli vaksinasi kementerian pada Kamis pekan lalu dan diunggah ke situs webnya pada Ahad. Namun, rincian lengkap dari penelitian tersebut tidak dirilis.

Baca Juga

Temuan ini setara dengan statistik terpisah yang dilaporkan pekan lalu oleh penyedia layanan kesehatan Maccabi Israel. Maccabi adalah salah satu dari beberapa organisasi yang memberikan suntikan booster untuk mencoba mengekang varian delta SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Merinci statistik dari Institut Gertner Israel dan Institut KI, pejabat kementerian kesehatan Israel mengatakan bahwa perlindungan terhadap infeksi empat kali lebih tinggi daripada setelah dua dosis mulai 10 hari setelah dosis ketiga diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas. Sementara itu, booster menawarkan perlindungan lima hingga enam kali lebih besar setelah 10 hari sehubungan dengan penyakit serius dan rawat inap.

Kelompok usia itu memang sangat rentan terhadap Covid-19 di Israel. Dalam beberapa pekan terakhir, kementerian kesehatan mengatakan, kekebalan dari vaksin telah berkurang dari waktu ke waktu untuk orang tua dan juga yang lebih muda.

Kebanyakan orang yang divaksinasi yang jatuh sakit parah di Israel berusia di atas 60 tahun dan memiliki komorbid. Israel mulai memberikan suntikan ketiga untuk warga berusia lebih dari 60 tahun pada 30 Juli.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ لَّمْ يَسْتَطِعْ مِنْكُمْ طَوْلًا اَنْ يَّنْكِحَ الْمُحْصَنٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ فَمِنْ مَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ مِّنْ فَتَيٰتِكُمُ الْمُؤْمِنٰتِۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِاِيْمَانِكُمْ ۗ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍۚ فَانْكِحُوْهُنَّ بِاِذْنِ اَهْلِهِنَّ وَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ مُحْصَنٰتٍ غَيْرَ مُسٰفِحٰتٍ وَّلَا مُتَّخِذٰتِ اَخْدَانٍ ۚ فَاِذَآ اُحْصِنَّ فَاِنْ اَتَيْنَ بِفَاحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى الْمُحْصَنٰتِ مِنَ الْعَذَابِۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ الْعَنَتَ مِنْكُمْ ۗ وَاَنْ تَصْبِرُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Dan barangsiapa di antara kamu tidak mempunyai biaya untuk menikahi perempuan merdeka yang beriman, maka (dihalalkan menikahi perempuan) yang beriman dari hamba sahaya yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu. Sebagian dari kamu adalah dari sebagian yang lain (sama-sama keturunan Adam-Hawa), karena itu nikahilah mereka dengan izin tuannya dan berilah mereka maskawin yang pantas, karena mereka adalah perempuan-perempuan yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) perempuan yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya. Apabila mereka telah berumah tangga (bersuami), tetapi melakukan perbuatan keji (zina), maka (hukuman) bagi mereka setengah dari apa (hukuman) perempuan-perempuan merdeka (yang tidak bersuami). (Kebolehan menikahi hamba sahaya) itu, adalah bagi orang-orang yang takut terhadap kesulitan dalam menjaga diri (dari perbuatan zina). Tetapi jika kamu bersabar, itu lebih baik bagimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa' ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement