Senin 11 Oct 2021 03:38 WIB

Ingin Buat Podcast, Mulai dari Mana?

Per April 2021, terdapat lebih dari 2 juta podcast yang saat ini beredar,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Podcast (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Podcast (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Podcast atau siniar kini semakin digemari. Perjalanan siniar pun dimulai hingga terus menjadi salah satu konten yang mainstream saat ini.

Dikutip dari Podcastinsight, Senin (4/10), secara global, per April 2021, terdapat lebih dari 2 juta siniar yang saat ini beredar, dengan 48 juta lebih judul siniar. Mulai membuat siniar, bisa dimulai dengan mencari tahu, kemudian memastikan hal apa yang disuka terlebih dahulu.

Baca Juga

Chief Business Officer (CBO) Noice Niken Sasmaya mengungkapkan, untuk menjadi kreator konten apalagi zaman sekarang, di mana semua orang ingin menjadi kreator konten, hal ini bukanlah hal yang mudah.

"Jadi, kita harus benar-benar tahu dulu sukanya ngomongin apa, jadi supaya ketika membuat konten, tetap enjoy dan having fun," katanya dalam acara virtual media gathering bertajuk "Peran Platform Audio Lokal dalam Kembangkan Ekosistem Konten Audio di Indonesia", Selasa (28/9).

Sementara kalau dari sisi masalah teknis, Niken melanjutkan, kita harus mempersiapkan tools dan lainnya. Namun, sejatinya siniar tidak memerlukan persiapan yang rumit.

Cukup rekam tema yang ingin kita sampaikan di ponsel Menurut Niken, tak jarang para podcaster yang kini telah sukses, juga sempat bercerita bagaimana mereka memulai tayangan siniarnya dan rata-rata semua hanya memulai merekam melalui gawainya masing-masing.

Senada, konten kreator dan podcaster Noice Original, Raising Angels, Becky Tumewu menjelaskan, untuk mulai membuat siniar, kita harus fokus ke satu hal yang benar-benar disukai. Kemudian misalnya ternyata mau mulai membuat siniar, tapi yang membicarakan hal yang sama banyak, ujar Becky, berarti cari apa yang menjadi ciri khas dari kita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement