Senin 15 Nov 2021 05:25 WIB

Gol Tunggal Morata Loloskan Spanyol ke Qatar

Skuad polesan Luis Enrique finis di puncak klasemen.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Spanyol Alvaro Morata.
Foto: Facundo Arrizabalaga/Pool Photo via AP
Striker Spanyol Alvaro Morata.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Spanyol meraih hasil positif pada partai terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B zona Eropa. Armada La Roja unggul tipis 1-0 atas Swedia di Estadio La Cartuja, Sevilla, Senin (15/11) dini hari WIB.

Hasil demikian membuat tuan rumah mengantongi tiket langsung menuju Qatar. Skuad polesan Luis Enrique finis di puncak klasemen. Dengan mengantongi 19 poin, Cesar Azpilicueta dan rekan-rekan unggul empat angka atas tim tamu. 

Baca Juga

Seperti biasa, Spanyol memasuki pertandingan dengan keinginan untuk menang. Termasuk pada partai ini. Sejak menit pertama, pasukan Enrique mengurung pertahanan lawan.

Namun, hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan. Jika tak perubahan, tuan rumah tetap finis di posisi teratas. Usai jeda, Swedia lebih berani mengambil resiko.

Pelatih Janne Andersson menginstruksikan anak asuhnya untuk menaikkan garis pertahanan. Enrique merespon dengan memasukkan beberapa nama baru. Salah satunya Alvaro Morata.

Penyerang asal klub Juventus itu menggantikan Pablo Sarabia pada menit ke-59. Keputusan Enrique terbukti tepat. Sekitar empat menit menjelang waktu normal berakhir, Morata membuat tuan rumah unggul.

Berawal dari tendangan keras Dani Olmo yang tepat mengarah ke gawang lawan. Kiper Swedia, Robin Olsen sempat menepis bola yang datang. Namun bola tersebut, bergulir mendekat ke Morata.

Dengan tenang, eks Chelsea dan Real Madrid ini menaklukkan Olsen dari jarak dekat. Sontak, tribun Estadio La Cartuja bergemuruh. Spanyol berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 sampai laga usai.

Dengan demikian, La Roja menyusul sejumlah nama besar lainnya yang telah melaju ke Qatar. Sebelummya, Jerman, Prancis, Brasil, Kroasia, Belgia, Denmark sudah lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Kejutan terjadi di Grup A.

Serbia menaklukkan Portugal, 2-1 di Lisbon. Sergej Milinkovic-Savic dan rekan-rekan meraih tiket otomatis ke Qatar. Sementara Selecao das Quinas harus berjuang di babak play-off.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement