Rabu 17 Nov 2021 16:22 WIB

Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini

Ayah punya tanggung jawab melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak pada anaknya.

Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi ayah dan anak. Ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak.
Foto: Republika/Yogi Ardi
Ilustrasi ayah dan anak. Ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi dari UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto, Muridan, mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini. Dengan begitu, mereka nantinya terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.

"Penanaman akhlak sejak dini pada anak akan membantunya berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama, agar dapat selamat baik di dunia maupun di akhirat," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikutip Rabu (17/11).

Muridan mengatakan, Hari Ayah Nasional dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak. Ia menyebut, ayah adalah sosok yang luar biasa.

"Dalam konteks agama, posisi ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Sebagai pemimpin ayah dibebani tanggung jawab yang berat, yaitu melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak yang baik terhadap anak-anaknya," kata Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement