Jumat 04 Feb 2022 12:18 WIB

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Kesehatan Tiroid 

Tiroid bertanggung jawab untuk kesehatan secara keseluruhan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengecekan gangguan tiroid. Ilustrasi
Foto: Reuters
Pengecekan gangguan tiroid. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ada di pangkal leher. Tiroid memainkan peran penting dalam proses metabolisme tubuh. Sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid karena bertanggung jawab untuk kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari indian express pada Jumat (4/2), faktor gaya hidup seperti nutrisi yang tidak memadai dan stres menyebabkan banyak pria dan wanita tanpa memandang usia menderita masalah tiroid.  Untuk memastikan kesehatan tiroid yang kuat, pastikan Anda memasukkan beberapa makanan super, yang dikenal untuk membantu fungsi tiroid.

Baca Juga

Berikut lima makanan untuk kesehatan tiroid yaitu : 

1. Amla

Amla memiliki delapan kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan sekitar 17 kali lipat dari buah delima. Buah amla tidak hanya bagus untuk kesehatan tiroid Anda tetapi juga tonik yang terbukti untuk rambut. Buah ini memperlambat  pertumbuhan uban, mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Kelapa

Kelapa adalah salah satu makanan terbaik untuk penderita tiroid, baik itu kelapa mentah atau minyak kelapa. Ini meningkatkan metabolisme yang lambat dan lamban.  Kelapa mengandung MCFA asam lemak rantai menengah dan MTC trigliserida rantai menengah yang berlimpah yang membantu meningkatkan metabolisme.

3. Biji Labu

Biji labu juga merupakan sumber yang kaya seng, yang sangat penting untuk menyerap vitamin dan mineral lain dalam tubuh dan juga mempromosikan sintesis dan keseimbangan hormon tiroid dalam tubuh.

4. Kacang Brazil

Selenium adalah mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme hormon tiroid. Faktanya, tiga kacang brazil sehari sudah cukup untuk memberi Anda dosis yang sehat dari antioksidan kuat dan mineral tiroid ini.

5. Kacang Hijau

Kacang mengandung protein, antioksidan, karbohidrat kompleks dan banyak vitamin dan mineral. Kacang hijau juga tinggi serat, yang dapat bermanfaat jika Anda menderita sembelit, gejala sampingan umum dari ketidakseimbangan tiroid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement