Senin 07 Feb 2022 01:35 WIB

Buffon Buat Sejarah, Kiper Pertama yang Torehkan 500 Clean Sheet

Rekor Buffon dicatatkan saat Parma menahan imbang Benevento 0-0 di Serie B.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Kiper Gianluigi Buffon  mencatatkan 500 clean sheet dalam kariernya saat membawa Parma menahan imbang tanpa gpl Benevento di Serie B.
Foto: Fabio Ferrari / LaPresse via AP
Kiper Gianluigi Buffon mencatatkan 500 clean sheet dalam kariernya saat membawa Parma menahan imbang tanpa gpl Benevento di Serie B.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gianluigi Buffon terus mencatatkan sejarah, meski usianya sudah 41 tahun. Kiper veteran Italia itu mencetak 500 clean sheet saat membela Parma di Serie B Italia.

Dikutip dari Marca, Senin (7/2/2022), pencapaian itu didapat setelah Parma bermain imbang 0-0 dengan Benevento, Sabtu (5/2/2022). Buffon pun menjadi kiper pertama yang menorehkan prestasi tersebut. Rekor itu dicapai setelah menjalani 322 pertandingan dengan Juventus, 92 dengan Parma, sembilan bersama Paris Saint-Germain (PSG) dan 77 saat membela tim nasional Italia.

Baca Juga

Dengan total 653 pertandingan, Buffon jadi pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Serie A. Ia melampaui Paolo Maldini. Buffon juga telah mengoleksi 27 trofi profesional, dengan sembilan gelar juara Serie A, lima Coppa Italia, enam Piala Super, satu Piala UEFA dan Piala Dunia 2006.

Satu-satunya kompetisi yang belum pernah ia menangkan hanya Liga Champions. Padahal, Buffon sudah tiga kalo lolos ke final bersama Juventus. Namun ia gagal dalam tiga percobaan tersebut. Buffon meninggalkan Juventus setelah musim 2020/21 berakhir. Ia kemudian kembali ke Parma dan menandatangani kontrak dua tahun. 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement