Kamis 17 Feb 2022 15:02 WIB

Sudah Divaksinasi Lalu Kena Omicron, 8 Gejala Ini Paling Sering Muncul

Studi di Norwegia mengungkap gejala omicron pada orang yang sudah divaksinasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Gejala infeksi SARS-CoV-2 varian omicron pada orang yang sudah divaksinasi didominasi oleh batuk, beringus, dan kelelahan.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Gejala infeksi SARS-CoV-2 varian omicron pada orang yang sudah divaksinasi didominasi oleh batuk, beringus, dan kelelahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian omicron diketahui lebih mudah menular, termasuk pada kelompok orang yang sudah divaksinasi lengkap. Pada kelompok ini, infeksi varian omicron kerap memunculkan delapan gejala.

Kedelapan gejala tersebut disoroti dalam sebuah studi yang dilakukan di Norwegia. Studi ini melibatkan 110 orang yang menghadiri sebuah pesta Natal sebagai partisipan. Dari 110 orang tersebut, sebanyak 81 orang terinfeksi oleh varian omicron.

Baca Juga

Lebih dari 95 persen orang yang terinfeksi telah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19. Tapi, seluruhnya belum mendapatkan booster vaksin Covid-19.

Dari hasil wawancara dengan para partisipan yang terinfeksi, peneliti menemukan ada delapan gejala yang paling sering muncul. Gejala yang paling mendominasi di antara kedelapan gejala tersebut adalah batuk.

Tiga gejala dengan persentase yang paling besar adalah batuk (83 persen), hidung berair (78 persen), dan kelelahan (74 persen). Lima gejala lainnya adalah sakit tenggorokan (72 persen), sakit kepala (68 persen), nyeri otot (58 persen), demam (54 persen), dan bersin (43 persen).

Di samping delapan gejala ini, tim peneliti juga menemukan beberapa gejala lain. Gejala tersebut meliputi penurunan nafsu makan (33 persen), penurunan kemampuan indra pengecap (23 persen), penurunan fungsi indra penciuman (12 persen), napas berat (12 persen), dan nyeri perut (enam persen).

Studi berbeda juga menemukan hasil yang serupa terkait gejala Omicron pada individu yang sudah divaksinasi. Studi ZOE yang dipimpin oleh King's College London di Inggris, misalnya, menemukan bahwa beringus menjadi gejala tersering pada kelompok yang sudah menerima dua dan tiga dosis vaksin Covid-19.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَابْتَلُوا الْيَتٰمٰى حَتّٰىٓ اِذَا بَلَغُوا النِّكَاحَۚ فَاِنْ اٰنَسْتُمْ مِّنْهُمْ رُشْدًا فَادْفَعُوْٓا اِلَيْهِمْ اَمْوَالَهُمْ ۚ وَلَا تَأْكُلُوْهَآ اِسْرَافًا وَّبِدَارًا اَنْ يَّكْبَرُوْا ۗ وَمَنْ كَانَ غَنِيًّا فَلْيَسْتَعْفِفْ ۚ وَمَنْ كَانَ فَقِيْرًا فَلْيَأْكُلْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ فَاِذَا دَفَعْتُمْ اِلَيْهِمْ اَمْوَالَهُمْ فَاَشْهِدُوْا عَلَيْهِمْ ۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ حَسِيْبًا
Dan ujilah anak-anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk menikah. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka hartanya. Dan janganlah kamu memakannya (harta anak yatim) melebihi batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (menyerahkannya) sebelum mereka dewasa. Barangsiapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah dia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa miskin, maka bolehlah dia makan harta itu menurut cara yang patut. Kemudian, apabila kamu menyerahkan harta itu kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi. Dan cukuplah Allah sebagai pengawas.

(QS. An-Nisa' ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement