Senin 21 Mar 2022 06:52 WIB

Mercedes-Benz akan Tingkatkan Produksi Mobil Listrik di 3 Benua

Mercedes-Benz sedang dalam jalur produksi kendaraan serba listrik.

Red: Dwi Murdaningsih
Tampak kendaraan listrik Mercedes Benz EQS.
Foto: reuters
Tampak kendaraan listrik Mercedes Benz EQS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mercedes-Benz telah bersiap untuk meningkatkan produksi kendaraan listriknya (EV) di tiga benua. Selain di Eropa dan Asia, Mercedes-Benz belum lama ini membuka pabrik baterai barunya di Benua Amerika yang terletak di Bibb Country Alabama.

Pabrik baterai AS yang baru menggarisbawahi pentingnya Amerika Serikat dalam jaringan produksi global Mercedes-Benz. Ini juga menegaskan status Alabama sebagai pusat ekspor SUV mewah juga di era listrik.

Baca Juga

Mercedes-Benz akan memproduksi SUV EQS dan SUV EQE di pabriknya di Alabama, sebagai bagian dari dorongan global untuk memproduksi kendaraan bertenaga listrik di tujuh lokasi di tiga benua. Pabrik baterai canggih di Bibb County akan menyediakan baterai untuk SUV EQS baru dan SUV EQE.

"Pembukaan pabrik baterai baru kami di Alabama merupakan tonggak utama dalam perjalanan Mercedes-Benz menuju serba listrik. Dengan pendekatan komprehensif termasuk sumber sel lokal dan strategi daur ulang, Mercedes menggarisbawahi pentingnya AS, di mana Mercedes-Benz telah sukses selama beberapa dekade," kata Ketua Dewan Manajemen Mercedes-Benz Group, Ola Kallenius, dalam pernyataan resmi, dikutip Ahas (20/3/2022).

Sejak 1990-an, Mercedes-Benz telah menginvestasikan total lebih dari 7 miliar dolar di Alabama. Dari jumlah ini 1 miliar dolar diinvestasikan ke pabrik baterai, pusat logistik dan untuk meningkatkan jalur produksi untuk membuat EV.

Saat ini, Mercedes-Benz U.S. International (MBUSI) mempekerjakan sekitar 4.500 orang dan juga mengamankan sekitar 11.000 pekerjaan tambahan dengan pemasok dan penyedia layanan di wilayah tersebut. Sekitar 4 juta unit kendaraan Mercedes-Benz telah diproduksi pabrik Tuscaloosa sejak 1997.

Sekitar 260.000 SUV diluncurkan dari jalur produksi pada tahun 2021 saja. Sekitar dua pertiga dari produksi tahunan diekspor, menjadikan MBUSI salah satu pengekspor mobil terbesar dari AS.

Sistem baterai, yang akan dipasang ke SUV EQS, dengan pilihan varian 7 kursi. Model ini menggunakan desain modular yang sudah terlihat di EQS dan EQE dan menggunakan bahan kimia sel yang  mengandung nikel, kobalt, dan mangan dalam rasio 8 :1:1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement