Selasa 26 Jul 2022 16:38 WIB

Kota Cirebon Genjot Vaksinasi Booster

Ditargetkan 1.500 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19 per hari.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covid-19 untuk disuntikan ke calon penerima vaksin (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covid-19 untuk disuntikan ke calon penerima vaksin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pelaksanaan vaksinasi massal kembali dilaksanakan untuk menggenjot capaian dosis ketiga atau booster di Kota Cirebon. Vaksinasi booster merupakan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh dari paparan Covid-19.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Pemda Kota Cirebon, Kodim dan lainnya untuk kembali menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal. "Kita prioritaskan vaksinasi booster," kata Fahri, saat mendampingi Waka Polda Jawa Barat, Brigjen Pol Bariza Sulfi, meninjau kegiatan vaksinasi massal di Grage City Mall (GCM), Selasa (26/7/2022).

Baca Juga

Fahri menyatakan, pihaknya menargetkan 1.500 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19 per hari, khususnya booster di Kota Cirebon. Sehingga capaian vaksinasi booster yang saat ini baru mencapai 34 persen, bisa meningkat hingga 100 persen, seperti halnya vaksin pertama dan kedua. 

"(Vaksinasi) rutin kita gelar di 11 titik, tapi seminggu dua atau tiga kali kita lakukan di GCM ini. Untuk memobilisasi massa yang lebih besar lagi," cetus Fahri.

Pemkot Cirebon pun menyambut baik akselerasi yang dilakukan jajaran Polri untuk meningkatkan capaian vaksinasi booster, dalam hal ini Polres Cirebon Kota. "Sebenarnya di puskesmas sudah terjadwal. Namun dengan tambahan dukungan dari Pak Kapolres, Insya Allah akselerasinya akan meningkat lagi," tukas Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

Agus mengungkapkan, vaksinasi booster merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih saat ini sudah terjadi peningkatan kasus positif Covid-19. Saat ini, tercatat ada 38 kasus aktif Covid-19 di Kota Cirebon. 

Meski demikian, Agus bersyukur karena sebagian besar pasien Covid-19 bergejala ringan. Sehingga bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Agus pun mengakui, saat ini animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster cenderung menurun. Namun dengan adanya persyaratan harus booster terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan, dia berharap capaian vaksinasi booster bisa meningkat.

Sementara itu, Waka Polda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi, kembali mengingatkan kepada masyarakat terkait pentingnya mendapatkan vaksin booster. Booster inti membuat imunitas kita lebih tahan terhadap serangan Covid-19," kata Bariza.

Bariza berharap agar masyarakat mau mendapatkan vaksin booster. Sehingga kesehatan mereka terjaga dan dapat beraktivitas serta bekerja dengan normal. "Perekonomian pun lancar dan masyarakat sejahtera," tandas Bariza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement