Selasa 23 Aug 2022 20:18 WIB

Presiden Ingin Semua Aturan Turunan IKN Selesai Sebulan ke Depan

Pemerintah ingin otorita IKN tak hanya jadi organisasi biasa-biasa saja.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar semua aturan turunan dari UU IKN dapat segera diselesaikan. Termasuk struktur organisasi pemerintahan di IKN diharapkan dapat segera diisi.

“Ya itu, kita selesaikan semua aturan-aturan yang diminta oleh UU untuk diselesaikan dengan cepat, kemudian struktur organisasi kemudian mengisinya,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (23/8).

Baca Juga

Menurut Suharso, dalam rapat intern ini, Presiden memutuskan agar seluruh aturan terkait IKN dapat diselesaikan paling lambat satu bulan ke depan. Sedangkan terkait struktur organisasi IKN, Suharso menyebut akan rampung pada pekan depan.

“Yang terbaru ya mengenai PP Kewenangan Otorita. Hal-hal yang antarkementerian yang kita minta bisa diputuskan oleh bapak Presiden, itu diputuskan oleh bapak Presiden. Itu tadi sudah diputuskan. Jadi dalam waktu paling lambat 1 bulan ke depan, kita sudah selesai semua. Termasuk struktur organisasi mungkin minggu depan kita sudah selesai,” jelas Suharso.

Ia menyampaikan, Otorita IKN harus benar-benar menjadi sebuah lembaga seperti yang diamanatkan dalam UU Nomor 3/2022. Sehingga Otorita IKN dapat benar-benar melakukan tugasnya.

“Kita mengharapkan struktur organisasinya tidak struktur organisasi yang biasa-biasa saja, tetapi benar-benar menggambarkan cara-cara kerja baru. Jadi bukan berdasarkan apa yang sudah berlaku sekarang, tetapi kita yang vision driving,” ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ تُرْجِيْ مَنْ تَشَاۤءُ مِنْهُنَّ وَتُـْٔوِيْٓ اِلَيْكَ مَنْ تَشَاۤءُۗ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكَۗ ذٰلِكَ اَدْنٰٓى اَنْ تَقَرَّ اَعْيُنُهُنَّ وَلَا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَآ اٰتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗوَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَلِيْمًا
Engkau boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang engkau kehendaki di antara mereka (para istrimu) dan (boleh pula) menggauli siapa (di antara mereka) yang engkau kehendaki. Dan siapa yang engkau ingini untuk menggaulinya kembali dari istri-istrimu yang telah engkau sisihkan, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan mereka rela dengan apa yang telah engkau berikan kepada mereka semuanya. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun.

(QS. Al-Ahzab ayat 51)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement