Rabu 31 Aug 2022 16:38 WIB

Pelatih Persija Sesumbar Pertahanan Timnya Bisa Fleksibel

Doll berharap Hansamu Yama yang sempat cedera saat bermain lawan Arema dapat kembali.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Wasit Thoriq Al Katiri (kanan) memberikan kartu kuning kepada pesepak bola Arema FC, Renshi Yamaguchi (dua dari kanan) usai melakukan pelanggaran keras terhadap pesepak bola Persija Jakarta, Abdulla Yusuf (bawah) dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Ahad  (28/8/2022). Persija Jakarta mengalahkan Arema FC dengan skor akhir 1-0.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Wasit Thoriq Al Katiri (kanan) memberikan kartu kuning kepada pesepak bola Arema FC, Renshi Yamaguchi (dua dari kanan) usai melakukan pelanggaran keras terhadap pesepak bola Persija Jakarta, Abdulla Yusuf (bawah) dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Ahad (28/8/2022). Persija Jakarta mengalahkan Arema FC dengan skor akhir 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll meyakini formasi pertahanan Persija masih dapat diutak-atik sesuai dengan kebutuhan tim serta kondisi kebugaran para pemain. "Ya hal itu dapat terjadi (perubahan komposisi lini belakang). Namun menurut saya sekarang para pemain telah memahami sistem. Dan kelihatannya pada beberapa waktu akan lebih aman untuk bermain dengan lima pemain di belakang. Kita lihat saja siapa yang siap," kata Doll saat ditemui setelah latihan rutin di lapangan latihan Persija, Sawangan, Depok, Rabu (31/8/2022).

Dari tujuh pertandingan Liga 1 musim 2022/2023 yang telah dimainkan Macan Kemayoran, arsitek tim asal Jerman itu selalu menurunkan tim dengan formasi tiga pemain belakang. Bek asal Republik Ceko, Ondrej Kudela, menjadi satu-satunya bek yang selalu dimainkan.

Sedangkan dua posisi lainnya, kerap diisi oleh bek veteran Maman Abdurrahman (empat pertandingan), pemain muda Muhammad Ferrari (lima pertandingan), dan Hansamu Yama (enam pertandingan).

Persija masih memiliki beberapa pemain bertahan yang belum dimainkan pada musim ini, yakni Otavio Dutra dan Ryuji Utomo. Selain itu, mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga dapat mengandalkan pemain dengan posisi gelandang bertahan untuk mengisi posisi di jantung pertahanan.

Menjelang pertandingan akhir pekan ini melawan Bhayangkara FC yang akan berlangsung pada Sabtu (3/9/2022), Doll berharap Hansamu Yama yang sempat cedera saat bermain melawan Arema dapat kembali bermain.

"Mungkin pada saat terakhir, Hansamu akan bertemu dokter dan kondisinya saat itu tidak terlalu buruk. Kita lihat saja. Namun kami juga memiliki beberapa opsi. Ada Toni (Sucipto), ada Hanif (Sjahbandi). Namun menurut saya, kami dapat mencari solusi yang bagus untuk akhir pekan ini," tuturnya.

Saat ini Persija Jakarta bertengger di posisi keenam klasemen Liga 1, dengan koleksi 14 poin hasil dari empat kemenangan, dua kali imbang, dan satu kekalahan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement