Senin 05 Sep 2022 16:48 WIB

Wamenkeu Klaim Kuota BBM Subsidi Sudah Ditambah

Wamenkeu sebut kebijakan kenaikan BBM Subsidi tak langsung sehatkan APBN.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membenarkan bahwa pemerintah sudah melakukan penambahan kuota BBM subsidi, untuk solar dan pertalite. Meski belum mendapatkan restu dari DPR, kata Suahasil, pemerintah sudah menjaga berupa penambahan kuota mengingat konsumsi masyarakat yang meningkat.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membenarkan bahwa pemerintah sudah melakukan penambahan kuota BBM subsidi, untuk solar dan pertalite. Meski belum mendapatkan restu dari DPR, kata Suahasil, pemerintah sudah menjaga berupa penambahan kuota mengingat konsumsi masyarakat yang meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membenarkan bahwa pemerintah sudah melakukan penambahan kuota BBM subsidi, untuk solar dan pertalite. Meski belum mendapatkan restu dari DPR, kata Suahasil, pemerintah sudah menjaga berupa penambahan kuota mengingat konsumsi masyarakat yang meningkat.

"Pertumbuhan konsumsi energi ini kan menjadi sinyal bahwa masyarakat melakukan aktifitas dan artinya ada kegiatan ekonomi. Kami sudah menambah masing masing untuk Pertalite dan Solar agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi," ujar Suahasil melalui daring, Senin (5/9).

Suahasil merinci, untuk Pertalite pemerintah menambah kuota dari 23 juta kiloliter menjadi 29 juta kiloliter. Sedangkan untuk Solar dari 15 juta kiloliter menjadi 17,4 juta kiloliter.

Dampaknya, kata Suahasil mau tidak mau memang pemerintah akan tetap menambah alokasi subsidi di APBN. Kata dia, dengan penambahan kuota ini maka beban APBN untuk subsidi BBM yang semula Rp 502 triliun naik menjadi Rp 698 triliun.

"Perhitungan tersebut sebelum kami memutuskan untuk menaikan harga jual BBM. Kenaikan harga kemarin cukup mengurangi beban APBN yang tadinya kami perkirakan menjadi Rp 698 triliun turun ke Rp 650 triliun," ujar Suahasil.

Suahasil mengatakan memang kebijakan ini bukan solusi yang bisa otomatis menyehatkan APBN. Tapi kata dia, setidaknya APBN tetap mengalokasikan agar dampak kenaikan harga ke masyarakat tidak terlalu besar.

"Subsidinya jadi besar sekali memang. Meskipun kita sudah melakukan kenaikan harga, khususnya sejak Sabtu kemarin. Tentu ini kan efek peningkatan harga 4 bulan ini kan, karena itu kita lihat sampai akhir tahun. APBN tetap melakukan alokasi, untuk membantu harga itu benar benar bisa stabil di masyarakat," ujar Suahasil.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ اَنْ يَّنْكِحْنَ اَزْوَاجَهُنَّ اِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ ذٰلِكَ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ ذٰلِكُمْ اَزْكٰى لَكُمْ وَاَطْهَرُ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai idahnya, maka jangan kamu halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 232)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement