Rabu 07 Sep 2022 19:35 WIB

8 Tipe Lip Tint dan Kelebihannya, Ada yang Waterproof

Produk lip colour memang membantu membuat wajah jadi cerah seketika.

Red: Gita Amanda
Bagi kamu yang ingin tampil natural dengan formula ringan, lip tint rekomendasinya.
Foto: dok istimewa
Bagi kamu yang ingin tampil natural dengan formula ringan, lip tint rekomendasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Produk lip colour memang membantu membuat wajah jadi cerah seketika. Karena itulah sering diandalkan di waktu-waktu mendesak. Bahkan beberapa orang menganggap jika menggunakan lip colour saja sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari.

Dari banyaknya jenis lip colour yang ada, lipstick dan lip tint jadi dua yang paling populer belakangan ini. Bagi yang ingin tampil mencolok dengan makeup berat, lipstick lebih disarankan. Namun bagi kamu yang ingin tampil natural dengan formula ringan, lip tint rekomendasinya.

Tren lip tint sendiri berasal dari Korea Selatan yang sekarang ini banyak menjadi kiblat kecantikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bagi kamu yang sekarang sedang tertarik menggunakan lip tint, banyak sekali jenis yang bisa dipilih.

Berikut ini ada 8 jenisnya lengkap dengan kelebihannya:

1. Water-in-Oil Based Lip Tint

Jenis pewarna bibir satu ini memberikan efek melembabkan, glossy, tapi hasilnya akan tetap matte. Bagi kamu yang selama ini memiliki masalah dengan bibir kering, jenis satu ini cukup direkomendasikan. Selain membuat tampilan bibir terlihat lembab, juga membuatnya ternutrisi dari dalam.

Salah satu rekomendasi produk yang memiliki kriteria water-in-oil based adalah YOU Cloud Touch Fixing Tint. Saat diusapkan ke bibir, hasilnya sangat ringan, transferproof, dan airy matte finishing.

Produk lip tint pertama dari brand YOU Beauty ini memang diformulasikan dari berbagai bahan alami untuk menutrisi bibir. Contohnya saja ekstrak daun strawberry Perancis dan ekstrak bunga chrysanthemum yang melembabkan bibir sekaligus kaya akan antioksidan.

Kandungan bagus lainnya dari lip tint ini adalah hyaluronic acid, meadowfoam seed oil, dan juga ceramide yang membantu melembabkan bibir dengan lebih intense. Cocok diandalkan saat bibir sedang kering dan terlihat kusam.

Pilihan warna dari lip tint satu ini juga beragam, mulai dari shade cerah sampai dengan bold. Kemasan dari YOU Cloud Touch Fixing Tint ini juga sangat cantik dan mudah untuk digunakan. Mudahnya lagi, kamu bisa mendapatkannya secara online atau offline.

2. Water Based Lip Tint

Jenis selanjutnya adalah water based lip tint atau lip tint berbasis air yang ringan dan lembut. Saat diaplikasikan ke bibir, hasil warnanya cukup kuat, namun cepat menguap. Jadi jika tidak touch up beberapa kali, warnanya akan segera pudar.

Supaya lip tint jenis satu ini bisa lebih tahan lama, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan lip balm terlebih dahulu. Selain itu alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan concealer atau foundation sebelum pakai lip tint.

3. Oil Based Lip Tint

Tipe lip tint selanjutnya adalah berbasis oil atau minyak, saat disapukan ke bibir akan memberikan finishing glossy. Bagi kamu yang selama ini memiliki masalah kulit bibir kering, pecah-pecah atau mengelupas, jenis lip tint satu ini bisa dipilih. Jenis lip tint ini kebanyakan waterproof, jadi tidak gampang hilang saat terkena air.

4. Creamy Lip Tint

Saat diusapkan ke bibir, tekstur lip tint jenis ini akan ringan namun cepat menyerap di bibir. Meski begitu, tidak akan membuat bibir jadi kering karena biasanya sudah diformulasikan dengan berbagai bahan pelembab.

Bagi kamu yang masih bingung, tekstur dari lip tint jenis ini mirip dengan lip cream, namun tidak terlalu pekat. Jika dibandingkan dengan lip tint berbasis air atau minyak, jenis satu ini tahan lama dengan pigmen warna yang kuat.

5. Glossy Lip Tint

Bagi kamu yang ingin memiliki bibir lebih ranum dan tebal, jenis satu ini bisa dipilih. Saat disapukan ke bibir, hasilnya akan glossy atau berkilau. Sangat mirip dengan lip gloss pada umumnya. Bedanya, warna glossy lip tint ini lebih tahan lama dibandingkan lip gloss.

6. Gel Lip Tint

Selanjutnya adalah gel lip tint yang ringan saat diaplikasikan, namun memiliki warna yang lebih tajam. Hasil akhir pemakaiannya cenderung glossy namun tidak setahan glossy lip tint.

Meski teksturnya gel, tidak direkomendasikan untuk bibir kering. Pasalnya, kandungan pelembabnya tidak terlalu banyak dan cenderung membuat bibir tambah kering. Jika dipaksakan, bisa-bisa bibir jadi pecah-pecah sampai berdarah.

7. Balm Lip Tint

Selama ini lip tint kebanyakan memiliki tekstur cair, namun jangan salah, ada juga yang berbentuk balm. Terdapat kandungan wax di dalamnya sehingga membuat bibir jadi lembab dan nyaman. Pigmentasinya sendiri, cenderung natural. Jadi sangat cocok untuk dipakai sehari-hari.

Bentuknya sendiri kebanyakan mirip dengan lip balm dengan packaging stick. Kelebihannya, tentu saja tidak gampang tumpah meski terkena guncangan. Mudah dibawa dan tidak khawatir mengotori barang lainnya jika bocor.

8. Pack Lip Tint

Satu lagi jenisnya, yakni pack lip tint yang penggunaannya cukup unik jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Pemakaiannya mirip saat kamu menggunakan peel-off mask. Jadi aplikasikan dulu ke bibir, tunggu sampai kering lalu mengelupas sampai bersih.

Memang bisa dibilang penggunaanya cukup menguras waktu, tapi warnanya akan tahan lama. Bahkan bisa sampai belasan jam. Tidak jarang, kamu memerlukan makeup remover untuk menghilangkannya secara sempurna.

Itulah delapan tipe lip tint yang lengkap dengan berbagai kelebihannya. Pilihlah sesuai dengan tipe bibir yang dimiliki. Salah satu rekomendasi tipe lip tint yang cocok untuk segala jenis bibir adalah water-in-oil dengan produk YOU Cloud Touch Fixing Tint, satu produk lip tint multifungsi.

Pilihan shade dari YOU Cloud Touch Fixing Tint ini banyak, bisa menyesuaikan dengan skin tone yang dimiliki. Bagi kamu dengan kondisi bibir gelap/hitam pun tetap dapat menggunakan Cloud Touch Fixing Tint, karena warnanya yang super pigmented dan bisa menutupi warna bibir gelap.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement