Nike dan Desain 'Sporstwear' Negara Peserta Piala Dunia
REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Piala Dunia tak hanya menjadi pertarungan antarnegara peserta tetapi juga bagi para sportswear yang menyokong setiap kontestan.
Seperti dikutip dari Orkha Creative, Nike salah satu perusahaan sportswear ternama yang mensponsori sepuluh kontestan seperti Brasil, Inggris, Prancis, Portugal, Belanda, dan Amerika Serikat mencoba menampilkan gebrakan terbarunya melalui jenis font yang ditampilkan.
Untuk mendesain font yang akan menempel di punggung para pemain, Nike menggandeng dua desainer grafis kondang, Wim Crouwel asal Belanda dan Neville Brody yang berkebangsaan Inggris.
Menurut Stu McArthur, design director Nike Football, font yang ada pada jersey tiap tim yang disponsori Nike mewakili kebanggaan terhadap kultur masing-masing negara.
Berikut ini desain nama dan nomor punggung dari enam tim peserta yang bekerja sama dengan Nike:
1. Brasil - Fundiçao Brazil
Font garapan Nike Football ini terinspirasi oleh font klasik yang sering dipakai di jalanan Brasil. Nama dan nomor di kostum ini didesain dengan ketelitian yang tinggi, dengan balutan outline yang terang agar mudah dibaca.
2. Belanda - Case Crouwel
Memodifikasi struktur geometris typeface yang diciptakan oleh Wim Crouwel sendiri bernama Gridnik, font ini berhasil membentuk karakter mewah pada setiap punggawa tim nasional Belanda.
Elemen garis yang berada di tengah-tengah nomor punggung mengingatkan kita pada model jersey sepak bola di sekitar tahun 70-an.
Logo Royal Dutch Football Association yang disematkan pada bagian bawah nomor semakin membuat font yang didesain oleh Wim Crouwel dan Nike Football ini terlihat lebih mentereng.
3. Inggris - Case Brody
Kultur yang diangkat dan dipadukan dalam font untuk kostum the Three Lions adalah bakat dan kecakapan ala orang Inggris. Dengan modifikasi sederhana, kesan inovatif dan segar berhasil dimunculkan oleh font dengan struktur geometris ini.
4. Prancis - Avant Garde
Meskipun memakai font yang sudah jadi yaitu ITC Avant Garde dan sedikit modifikasi saja, tidak membuat pamor dan prestasi Karim Benzema dan rekan-rekannya meredup. Avant Garde sendiri dalam bahasa Perancis memiliki arti 'pelopor' dan itu sudah cukup mewakili karakter Les Blues di lapangan.
5. Portugal - Stampa
Style nama dan nomor punggung yang terpampang di punggung pemain Portugal dibuat secara spesial oleh Nike Football dan terinspirasi dari typeface lawas yang dulunya sering dipakai di papan iklan berbahasa Portugis. Pasukan Selecçao das Quinas patut berbangga setiap berlaga dengan kostum ini karena font ini kental sekali dengan unsur huruf bergaya art deco.
6. Amerika Serikat - The Rex Force
Modern dan tegas. Nike Football memang sengaja mendesain font istimewa ini sebagai bentuk dukungan pada Clint Dempsey dan kawan-kawan untuk berprestasi di Piala Dunia 2014.
Tak lupa, simbol United States Soccer Federation (USSF), federasi yang menaungi sepakbola di Negeri Paman Sam disertakan di bawah nomor punggung setiap pemain.