Transjakarta Batasi Waktu dan Hanya Layani 13 Rute

Pengurangan interaksi fisik diterapkan di halte dan bus Transjakarta di 13 koridor

Thoudy Badai_Republika
Bus Transjakarta melintas dikawasan Blok M, Jakarta, Kamis (16/1).(Thoudy Badai_Republika)
Rep: Mimi Kartika Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) hanya melayani 13 rute dengan headway atau waktu keberangkatan setiap 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sementara layanan angkutan malam hari, seluruh layanan nonkoridor (nonBRT/Bus Rapid Transit), Royaltrans, dan Mikrotrans ditiadakan hingga dua pekan ke depan.

"Langkah ini diambil menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan yang diumumkan sore ini pukul 17.00 WIB perihal pembatasan layanan angkutan umum di DKI Jakarta secara ekstrem untuk mengurangi potensi penularan Covid-19," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam siaran persnya, Ahad (16/3).

Penetapan pengurangan interaksi fisik diterapkan di halte dan bus Transjakarta yang melintas di 13 koridor. Hal ini dilakukan dengan memberikan jarak antar individu sejauh satu hingga dua meter dalam ruang publik transportasi seperti di halte dan di dalam bus.

Untuk di halte, Transjakarta akan memberikan marka di mana pelanggan harus berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Untuk di Bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasi interaksi fisik antar pelanggan.

Petugas halte dan petugas keamanan akan membantu pengaturan duduk di dalam bus. Pelanggan diharapkan dapat ikut seperti arahan yang ditentukan untuk kesehatan dan kenyamanan pelanggan.

"Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan," kata Nadia.

Transjakarta melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya dengan interval yang lebih sering. Selain itu, Transjakarta memastikan pemasangan seluruh hand sanitizer di bus dan ketersediaan isi ulangnya di halte dan bus.

Untuk sementara ini, Transjakarta juga mengubah pola pengurusan kartu gratis. Pelanggan kami sarankan untuk melakukan pengurusan melalui sistem online layanan pelanggan 1500-102 atau e-mail naiktije@transjakarta.co.id

Nadia meminta pelanggan memantau media sosial resmi Transjakarta di Twitter @PT_Transjakarta dan Instagram @pt_transjakarta untuk mendapatkan informasi layanan terkini.

Berikut nomor bus, tujuan, dan rute yang beroperasi mulai tanggal 16 hingga 30 Maret 2020.

1 Blok M-Kota
2 Pulogadung 1-Harmonu
3 Kalideres-Pasar Baru
4 Pulogadung-Tosari
5 Kampung Melayu-Ancol
6 Ragunan-Halimun
7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu
8 Lebak Bulus-Harmoni
9 Pinang Ranti-Pluit
10 PGC 2-Tanjung Priok
11 Kampung Melayu-Pulo Gebang
12 Penjaringan-Sunter Boulevard Barat
13A Puri Beta-Blok M


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler