Spotify Beli Platform Iklan Khusus Podcast
Spotify membeli platform periklanan podcast 'megaphone' senilai 235 juta dolar AS.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spotify mengatakan sepakat untuk membeli platform perikalanan dan penerbitan podcast Megaphone. Kesepakatan itu bernilai 235 juta dolar AS, kata juru bicara Spotify, dikutip dari Reuters, Rabu (11/11).
Spotify akan menggunakan teknologi Megaphone untuk membuat iklan bertarget. Kemudian juga akan membuat alat pemantauan iklan miliknya sendiri yang akan tersedia untuk penerbit podcast pihak ketiga.
Spotify, yang memperoleh pendapatan dari langganan berbayar dan dengan menyebarkan iklan kepada pengguna yang tidak membayar, melihat bisnis periklanannya kembali tumbuh pada kuartal ketiga. Hal ini setelah dilanda pandemi awal tahun ini.
Para eksekutif perusahaan mengatakan, pertumbuhan iklan akan meningkat pada kuartal ini. Investasi besar pada podcast menjadi upaya untuk konten audio sehingga membantu mendorong pertumbuhan pelanggan.
Sejak tahun lalu, Spotify telah menghabiskan ratusan juta dolar untuk membeli sejumlah perusahaan, di antaranya Gimlet Media, perusahaan produksi podcast, dan Ringer. Kemudian juga jaringan podcast olahraga dan hiburan yang didirikan oleh penulis olahraga, Bill Simmons. Spotify mengatakan, teknologi baru dari Megaphone akan membantu penerbit podcast memperoleh pendapatan lebih banyak.
"Kami masih dalam tahap awal dari kisah industri audio streaming, tetapi sangat jelas bahwa potensinya signifikan," ujar Chief Content & Advertising Business Officer Spotify, Dawn Ostroff.
Spotify saat ini memiliki 1,9 juta podcast. Jumlah ini naik dari 1,5 juta di kuartal kedua, didorong oleh rilis The Michelle Obama Podcast dan Mama Knows Best oleh influencer Addison Rae.