Sesame Street Rilis Karakter untuk Temani Anak Rohingya

Sebagian besar anak-anak Rohingya di pengungsian tidak pernah menonton televisi

AP
Karakter dalam Sesame Street
Rep: Lintar Satria Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, COX BAZAR -- Di dalam sebuah bangunan bambu, sekumpulan anak-anak berhimpitan memandang karakter berbulu yang tak pernah mereka lihat sebelumnya. Sebagian besar anak-anak Rohingya yang tinggal di permukiman pengungsian terbesar di dunia tidak pernah menonton televisi.  

Baca Juga


Kini dengan bantuan proyektor tenaga baterai mereka dapat tertawa bersama karakter Sesame Street, Elmo. Sesame Street akan menjadi bagian penting anak-anak Rohingya di pemukiman Cox Bazar yang menampung lebih dari 1 juta pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan etnik di Myanmar.

Sesame Workshop merilis karakter anak Rohingya pertama mereka yang diberi nama Noor Yasmin dan Aziz. Proyek yang dikerjakan selama satu tahun lebih ini bagian dari inovasi pendidikan di pemukiman pengungsian tersebut yang totalnya senilai 200 juta dolar AS.

"Bila kami dapat membantu anak-anak ini mulai dengan awal yang benar, di mana mereka bisa maju, lalu mereka memiliki begitu banyak kesempatan sukses," kata presiden dampak sosial Sesame Workshop, Sherrie Westin pada NBC News, pertengahan Desember lalu.

Westin yakin tanpa intervensi masif dari Sesame Street dan mitra, anak-anak Rohingya terancam tumbuh tanpa bisa membaca, menulis dan matematika dasar. "Banyak dari anak-anak ini mengalami horor yang tak terbayangkan," kata Westin.

"Saat ini Anda memiliki neurosains yang dapat menunjukkan pengalaman traumatik dan stres berkepanjangan melemahkan perkembangan otak anak-anak, bagi kami menjangkau anak-anak sejak dini sangat penting, tapi terutama anak-anak yang mengalami trauma, peran kami dapat signifikan," tambahnya.

 

Sejak Agustus 2017 lalu demi melarikan diri penindakan keras brutal militer Myanmar. Ratusan ribu muslim Rohingya mengungsi ke Bangladesh. Komisioner Hak Asasi Manusia PBB mengatakan tindakan Myanmar itu sebagai 'contoh nyata pembersihan etnis'.

Lembaga amal Doctors Without Borders mencatat pada bulan itu setidaknya 6.700 orang Rohingya termasuk anak-anak di bawah 5 tahun tewas terbunuh. Berdasarkan catatan PBB selama dua tahun berikutnya sekitar 200 ribu pengungsi Rohingya menyusul mengungsi ke Bangladesh.

Sebagian besar mereka yang berhasil lari tinggal di pemukiman pengungsi di Cox's Bazar. Sekitar 700 ribu anak-anak kehilangan orang tua mereka. Anak-anak itu tinggal bersama keluarga kerabat di tenda-tenda sempit yang terbuat dari bambu dan kain terpal, tanpa air dan listrik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler

Prakiraan Cuaca 21 Oktober 2024 Daerah Bekasi dan Sekitarnya | Cerah REPUBLIKA.CO.ID, Bekasi dan sekitarnya akan mengalami cuaca yang pada umumnya cerah sepanjang hari ini. Berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa kota di provinsi Jawa Barat pada tanggal 21 Oktober 2024. Bekasi Pada pagi hari di Bekasi, cuaca diperkirakan cerah dengan suhu sekitar 29°C. Angin bertiup dari arah utara ke selatan dengan kecepatan 6 m/s dan kelembapan sekitar 63%. Menjelang siang, cuaca masih tetap cerah tanpa perubahan signifikan dalam suhu. Saat sore hari, kondisi cerah berlanjut dengan angin yang perlahan bergeser dari timur ke barat sekitar 3.3 m/s. Kelembapan meningkat menjadi 75% pada malam hari, ketika suhu menurun hingga 27°C, menyisakan langit yang cerah berawan. Kota Bekasi Di Kota Bekasi, cuaca pagi juga cerah dengan suhu 29°C. Angin bertiup dari barat laut ke tenggara pada kecepatan 6.6 m/s, serta kelembapan berada di kisaran 67%. Pada siang hari, cuaca mempertahankan kecerahannya. Sore hari tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam cuaca, sementara di malam hari, langit tetap cerah dengan suhu turun menjadi 27°C. Angin berhembus dari arah timur ke barat pada kecepatan 4.1 m/s dengan kelembapan sebesar 75%. ====== Karawang Karawang akan mengalami cuaca cerah pada pagi hari dengan suhu sekitar 29°C. Angin bergerak dari timur laut ke barat daya pada kecepatan 6.3 m/s, dan kelembapan di angka 66%. Memasuki siang, cuaca tetap cerah dan stabil. Pada sore hari, kelembapan udara di Karawang meningkat serta langit mulai berawan menjelang malam. Suhu di malam hari diperkirakan 28°C dengan angin dari tenggara ke barat laut berkecepatan 2.6 m/s dan kelembapan naik hingga 76%. Secara keseluruhan, cuaca di ketiga kota tersebut menunjukkan pola yang cerah dengan sedikit awan di malam hari. Meski demikian, tidak ada indikator hujan atau badai untuk hari ini. Tercatat pada malam hari terdapat peningkatan kelembapan, namun cenderung masih dalam kategori nyaman.