Penerapan Prokes Masjid di Malaysia Seperti Apa?

Malaysia menerapkan Perintah Kawalan Pegerakan sejak Maret 2020 lalu.

REUTERS / Lim Huey Teng
Seorang muslim berdoa di luar Masjid Nasional, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (15/5).
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas dengan baju Muslim panjang hingga lutut berdiri di pintu masuk pintu utama Surau Ar Rahman. Mereka mengawasi satu per satu jamaah shalat tarawih yang masuk ke ruang utama ber-AC di komplek gedung World Trade Center (WTC) Kuala Lumpur.

Baca Juga


"Membawa sajadah tidak ?," tanyanya kepada seorang jamaah yang nampak tidak membawa sajadah tersebut.

"Kalau tidak membawa bisa pinjam di belakang," katanya sembari minta tolong takmir masjid untuk mengambilkannya.

Di ruangan tersebut sebenarnya sudah ada karpet tebal yang lembut untuk ibadah Ramadhan tersebut namun Majelis Keselamatan Negara (MKN) meminta agar jamaah membawa sajadah sendiri-sendiri dari rumah untuk mencegah penularan COVID-19.

Peraturan ini sudah lama diterapkan semenjak negara ini menerapkan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) Maret 2020 lalu. Demikian pula jamaah shalat tetap diwajibkan memakai masker.

Pada ruangan yang diatur berjarak untuk shalat yang memuat sekitar tujuh baris tersebut cara duduk jamaah juga tidak boleh berdempetan namun dibuat jarak fisik dan diberi tanda dengan menggunakan plester pada alas karpet tersebut.

 

Surau Ar Rahman terletak di lantai dua gedung Putra World Trade Center (PWTC) yang kini berubah menjadi WTC.Tempat ini menyatu dengan Gedung United Malay National Organization (UMNO) karena itu petinggi-petinggi partai ini sering shalat di situ termasuk mantan Perdana Menteri Najib Razak dan Presiden partai Ahmad Zahid Hamidi.

Terawih di tempat ini sebanyak 13 rakaat termasuk shalat witir dan tidak diselingi khotbah seperti di tanah air. Seperti halnya di tempat lain di Malaysia, memasuki gedung WTC dijaga petugas keamanan yang meminta pengunjung memindai kode batang melalui aplikasi MySejahtera dalam ponsel kemudian melakukan pengukuran suhu yang dipasang berdiri setinggi manusia.

 

 

 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler