Spotify Indonesia: Podcast Komedi dan Horor Paling Digemari

Pendengar podcast Spotify Indonesia didominasi generasi milenial dan Z.

EPA
Layanan audio digital Spotify. Pendengar di Indonesia paling suka menyimak konten podcast bertema komedi dan horor.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Head of Studios for Southeast Asia Spotify Carl Zuzarte mengatakan bahwa ada dua tema utama yang paling banyak didengarkan penggunanya di Indonesia. Tema komedi dan horor merupakan konten siniar (podcast) yang paling digemari di platform audio digital tersebut.

Baca Juga


"Dari segi konten, pendengar di Indonesia cenderung menyukai podcast dengan topik atau genre berupa komedi, horor, motivasi dan pengembangan diri, hingga kesehatan," kata Zuzarte dalam jumpa pers secara daring, Kamis.

Lebih lanjut, Zuzarte mengatakan, pertumbuhan baik bagi pendengar maupun kreator podcast (podcaster) di Indonesia dan Asia Tenggara terus meningkat dari waktu ke waktu. Pertumbuhannya bisa terbilang tinggi dari sisi kreator maupun pendengar.

"Podcast adalah cara ideal untuk menghibur, menginspirasi, dan membuat rileks para pendengar di momen screenless," jelasnya.

Hal ini didukung dengan fakta bahwa saat ini terdapat 2,9 juta lebih konten podcast di Spotify secara global. Peran serta para podcaster ini, menurut Zuzarte, merupakan bahan bakar dari pertumbuhan ekosistem konten audio tersebut.

"Kreator memegang peran utama dalam ekosistem podcast, sehingga, kami di Spotify terus mendukung dan membangun kerja sama dengan mereka. Kami sangat berinvestasi dan bersemangat untuk membangun komunitas ini," ujarnya.

Di Indonesia, menurut Zuzarte, pendengar podcast di Spotify didominasi oleh generasi muda. Sebanyak 83 persen milenial dan 66 persen merupakan generasi Z.

Kedua generasi ini sependapat bahwa mereka menggunakan audio untuk menurunkan tingkat stres. Di sisi lain, sebanyak 62 persen milenial dan 42 persen gen Z mengatakan mereka mendapatkan lebih beragam konten kreator dan podcast mulai dari tahun lalu.

Zuzurte mengatakan, pada Desember 2019, Spotify meluncurkan Indonesia Exclusive. Lalu pada September 2020, konten spesial tersebut bertumbuh sebanyak 23 Exclusives dan 5 Original Spotify di Indonesia. Spotify memberikan sejumlah fitur dan strategi untuk mendorong para podcaster untuk tetap berkarya dan menarik pendengar-pendengar baru.

Zuzurte mengatakan, pihaknya fokus kepada tiga hal, yaitu membangun katalog, konten orisinal dan eksklusif, dan inovasi di fitur penjelajahan. Selain itu, Spotify menghadirkan fitur daftar putar (playlist) baru di Indonesia baru-baru ini bertajuk "Teman Perjalananmu" ("Your Daily Drive"), yang menggabungkan acara bincang-bincang, acara berita terbaik, termasuk relevansi dan kepribadian pembawa acara, dengan streaming audio terbaik (sesuai permintaan, pemutaran, dan penemuan yang dipersonalisasi).

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler