Hadapi Tuan Rumah, Sepak Bola Sumut Akan Tampil Ngotot

Papua hanya butuh hasil imbang untuk lolos semifinal.

ANTARA/Fauzan/wsj.
Pesepak bola Sumatera Utara Faisal Ramdoni (kiri) berusaha melewati pesepak bola Aceh Muharrir (kanan) pada babak enam besar sepak bola putra PON Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Tim sepak bola putra Aceh menang atas tim sepak bola putra Sumatera Utara dengan skor akhir 2-1.
Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tim sepak bola putra tuan rumah Papua akan menghadapi Sumatera Utara di laga terakhir babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Ahad (10/10). Pelatih tim sepak bola putra Papua, Eduard Ivakdalam, menyakini Sumut akan tampil habis-habisan guna membuka peluang lolos ke babak semifinal.


''Laga lawan Sumut tidak akan mudah. Mereka tentunya akan bermain ngotot dan menyerang karena membutuhkan kemenangan,'' kata Eduard, seperti dikutip dari situs resmi PON XX Papua, kemarin.

Sumut menempati posisi buncit Grup D Enam Besar usai menelan kekalahan dari Aceh. Di posisi kedua, ada Aceh (3 poin) yang sudah melakoni dua pertandingan termasuk kekalahan 0-1 dari tuan rumah Papua.

Tuan rumah Papua memimpin sementara klasemen Grup D Enam Besar dengan tiga angka dari hasil kemenangan atas Aceh. Papua hanya butuh hasil imbang atas Sumut untuk lolos ke semifinal dengan status juara grup D. Dua tim teratas grup berhak melaju ke babak selanjutnya.

Menurut Eduard, laga menghadapi Sumut bukan sebuah pertandingan yang mudah. Karena, setelah mengalami kekalahan dari Aceh, anak asuh Colly Misrun tentunya akan bermain ngotot dan menyerang karena membutuhkan kemenangan.

Namun, kata Edu, permainan ofensif Sumut justru membuka peluang bagi anak asuhnya untuk lebih mudah menjalankan transisi. Sehingga, peluang untuk menghasilkan gol lebih terbuka lebar.

''Mereka bisa memenfaatkan cela-cela yang ditinggalkan lawan saat menyerang,'' kata Eduard. ''Ini tentu menjadi peluang bagi kita.''

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler